Blog

keputihan wanita

4 Cara Mengetahui Perbedaan Keputihan Mau Haid Dan Hamil, Wanita Wajib Tahu!

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil, mengetahui info ini sangat penting agar Anda tidak tertukar dan bisa mempersiapkan diri. Untuk menambah wawasan Anda perihal perbedaan keduanya, pastikan untuk terus menyimak ulasan yang berhasil kami rangkum di bawah ini!

4 perbedaan keputihan menjelang haid dan hamil

Perlu Anda ketahui, setiap perempuan akan mengalami keputihan saat hamil muda. Ini merupakan kondisi normal dan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Pasalnya, saat hamil kondisi serviks dan tembok vagina akan lebih lembut dan keputihan bisa meningkat untuk memberikan perlindungan lebih terhadap vagina agar terhindar dari infeksi.

Berdasarkan medis, keputihan menjelang hamil terjadi karena peningkatan hormon dan aliran darah ke area vagina. Agar lebih paham, berikut ini 4 cara mengetahui perbedaan keputihan mau haid dan hamil, antara lain:

1. Segi volume

Jika dilihat dari segi volume, keputihan saat hamil pertama lebih banyak jika dibandingkan keputihan menjelang haid. Bukan tanpa alasan, kondisi ini sangat berguna untuk mencegah bakteri dan virus masuk ke rahim dan menyebabkan gangguan pada janin.

Memang keputihan saat hamil cukup normal, akan tetap ibu hamil tetap harus mewaspadai hal ini. Apabila volumenya semakin banyak, segera konsultasikan ke dokter kandungan. Selain saat keputihan dalam volume yang banyak, ibu hamil juga harus berkonsultasi apabila terjadi pendarahan di vagina.

2. Waktu keputihan muncul

Perbedaan keputihan mau haid dan hamil selanjutnya bisa dilihat dari waktu keputihan muncul. Jika Anda ingin memastikan apakah keputihan tersebut adalah tanda kehamilan, coba lihat waktunya. Biasanya keputihan saat hamil muncul selama 1 hingga 2 minggu setelah terjadinya pembuahan. 

Selain itu volume keputihan saat hamil juga akan semakin meningkat seiring pertambahan usia kehamilan. Berbeda dengan keputihan menjelang haid yang terjadi sebentar saja.

3. Segi tekstur keputihan

Dari segi tekstur, keputihan haid dan hamil cukup berbeda. Biasanya pada awal masa kehamilan keputihan lebih kental jika dibandingkan tekstur sebelum haid. Untuk itu, jika Anda mendapati keputihan dengan tekstur lebih kental dan muncul selama 1 hingga 2 minggu setelah pembuahan, coba segera periksa menggunakan test pack.

Mungkin saja, anugerah yang Anda dan pasangan tunggu sudah sampai.

4. Segi warna

Berbeda dengan keputihan pada saat hamil pertama, keputihan sebelum haid biasanya berwarna sedikit kekuningan. Sedangkan pada saat hamil keputihan cenderung lebih putih. Akan berbeda lagi jika keputihan yang muncul berwarna sedikit kehijauan dan mengeluarkan bau tidak sedap. Jika Anda menghadapi kondisi ini, segera konsultasikan dengan dokter.

Tips mengatasi keputihan

Apabila Anda merasa tidak nyaman dengan keputihan, terdapat beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebagai langkah pencegahan, yaitu:

  • Coba kompres menggunakan air dingin untuk mengurangi gatal dan bengkak
  • Mengkonsumsi yoghurt
  • Menggunakan krim atau gel anti jamur jika disebabkan oleh infeksi jamur
  • Segera periksakan ke dokter apabila tidak kunjung berhenti

Itulah sedikit ulasan tentang perbedaan keputihan mau haid dan hamil, semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan!

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout