Blog

Informasi mengenai gejala, penyebab, dan penanganan sakit perut bagian tengah, baca selengkapnya di artikel ini.

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah dan Penanganannya

Perut adalah bagian tubuh yang perlu dijaga kesehatannya, karena di dalamnya ada organ pencernaan, organ kemih, dan organ reproduksi. Gangguan perut akan memengaruhi fungsi organ-organ tersebut yang berbahaya untuk kesehatan. Salah satu gangguan yang perlu diwaspadai adalah sakit perut bagian tengah.

Sakit perut bagian tengah disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari gangguan pencernaan hingga gangguan organ lain, misalnya kandung kemih, lambung, dan usus. Informasi mengenai gejala, penyebab, dan penanganan sakit perut bagian tengah, baca selengkapnya di artikel ini.

Gejala Sakit Perut Bagian Tengah

Gejala sakit perut bagian tengah bisa berbeda-beda, tergantung tingkat keparahannya. Namun, ada beragam gejala sakit perut bagian tengah yang umum ditemukan, misalnya tertusuk, kram, atau nyeri seperti terbakar. Selain itu, berikut gejala sakit perut yang perlu diwaspadai:

  • Muncul tiba-tiba.
  • Nyeri berkurang atau semakin parah akibat gerakan tertentu, misalnya batuk atau bersin.
  • Berlangsung singkat atau berhari-hari.

Penyebab Sakit Perut Bagian Tengah

Seperti disebutkan sebelumnya, sakit perut bagian tengah disebabkan oleh gangguan di organ yang ada di perut. Berikut beragam penyakit yang berkaitan dengan organ tersebut dan memicu sakit perut bagian tengah:

  • Maag, yaitu iritasi atau peradangan di dinding lambung akibat infeksi virus dan bakteri.
  • Diare, yaitu peningkatan frekuensi buang air besar akibat infeksi bakteri atau virus. Selain sakit perut bagian tengah, diare ditandai dengan tekstur tinja berair atau encer, demam, dan tinja berdarah.
  • Sembelit, yaitu kondisi ketika melambatnya pergerakan tinja di usus besar, sehingga usus besar menyerap banyak air dari tinja dan tinja sulit dikeluarkan.
  • Radang usus buntu, yaitu penyumbatan di usus buntu dan menyebabkan bakteri berkembang biak di dalamnya.
  • Batu empedu, yaitu ketidakmampuan cairan empedu melarutkan kelebihan kolesterol dan bilirubin dari hati, sehingga membentuk batu.
  • Infeksi Saluran Kemih (ISK), yaitu infeksi di kandung kemih yang memicu sakit perut bagian tengah, demam, dan nyeri seperti terbakar ketika buang air kecil.
  • Pankreatitis, yaitu kerusakan pankreas yang menyebabkan peradangan.
  • Nyeri haid, yaitu kontraksi otot dan pembuluh darah rahim akibat senyawa prostaglandin. Selain sakit perut bagian tengah, nyeri haid ditandai dengan mual, keputihan berbau busuk, dan darah haid menggumpal.

Penanganan Sakit Perut Bagian Tengah

Penanganan sakit perut bagian tengah disesuaikan dengan tingkat keparahan dan penyebabnya. Berikut beragam penanganan sakit perut bagian tengah yang umum diberikan:

  • Perawatan secara mandiri. Untuk sakit perut bagian tengah yang ringan dan tanpa gejala yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa kompres air hangat, berendam air hangat, perbanyak asupan makanan tinggi serat, dan banyak minum air putih.
  • Obat-obatan. Untuk sakit perut bagian tengah akibat penyakit tertentu atau disertai dengan keluhan lain, dokter akan memberikan obat-obatan, yaitu antasida untuk mengurangi sakit perut akibat asam lambung, obat pencahar untuk mengatasi diare atau sembelit, obat antibiotik untuk mengatasi sakit perut akibat infeksi bakteri, serta obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan. 
  • Operasi. Untuk sakit perut bagian tengah akibat batu empedu, dokter akan merekomendasikan operasi kolesistektomi.

Jika sakit perut bagian tengah yang dialami tidak sembuh lebih dari 1 minggu atau disertai dengan gejala-gejala yang disebutkan sebelumnya, segera ke dokter untuk dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout