Penyebab Kadar Oksigen Rendah dan Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen yang Efektif

cara meningkatkan saturasi oksigen

Penyebab Kadar Oksigen Rendah dan Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen yang Efektif

Saturasi oksigen adalah nilai yang memperlihatkan kadar oksigen di darah yang memengaruhi jaringan tubuh dan fungsi organ. Kadar oksigen yang rendah akan mengganggu fungsi organ dan jaringan tubuh yang membahayakan kesehatan. Untuk mencegah hal ini, ketahui cara meningkatkan saturasi oksigen agar kesehatan terjaga.

Mengetahui kadar oksigen di tubuh penting untuk mendeteksi gangguan kesehatan, sehingga diberikan penanganan yang tepat. Oleh karena itu, untuk mencegah kadar oksigen rendah, berikut beragam cara meningkatkan saturasi oksigen yang efektif untuk diterapkan.

Penyebab Saturasi Oksigen Rendah

Saturasi oksigen rendah disebabkan oleh beragam kondisi. Dikutip dari Medical News Today, berikut beberapa kondisi yang meningkatkan risiko saturasi oksigen rendah:

  • Pengidap asma.
  • Pengidap anemia.
  • COVID-19.
  • Riwayat penyakit jantung.
  • Berada di dataran tinggi.
  • Radang paru-paru.
  • Pengidap penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).
  • Sindrom gangguan pernapasan akut.
  • Empisema.
  • Kelebihan cairan di paru-paru.
  • Kondisi fibrosis paru.
  • Udara atau gas di dada yang menyebabkan paru-paru kolaps.
  • Sleep apnea.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, misalnya obat pereda nyeri.

Beragam Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen yang Ampuh

Dikutip dari WebMD, berikut beragam cara meningkatkan saturasi oksigen secara alami yang mudah dilakukan di rumah:

1. Pemberian oksigen

Pemberian oksigen di rumah atau di rumah sakit adalah cara meningkatkan saturasi oksigen rendah. Mulai dari suplai oksigen yang kecil hingga besar dapat diterapkan pada bayi, anak-anak, dan lansia.

2. Tidak merokok

Cara meningkatkan saturasi oksigen yang efektif berikutnya adalah tidak merokok. Tidak hanya meningkatkan saturasi oksigen, tidak merokok dapat meningkatkan kesehatan paru-paru secara menyeluruh. Orang yang tidak merokok selama 2 minggu akan mengalami peningkatan sirkulasi dan kadar oksigen secara keseluruhan.

3. Membuka jendela

Menghirup udara segar dapat menjadi cara meningkatkan saturasi oksigen yang efektif. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membuka jendela agar udara yang segar masuk ke ruangan atau berjalan santai di luar ruangan. Cara ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan dan menambah energi.

4. Latihan pernapasan

Anda juga dapat menerapkan latihan pernapasan sederhana, misalnya pernapasan perut dan pernapasan bibir untuk meningkatkan saturasi oksigen rendah. Latihan pernapasan efektif membuka saluran udara dan meningkatkan kadar oksigen di tubuh.

5. Memelihara tanaman

Untuk meningkatkan kadar oksigen di darah lainnya adalah memelihara tanaman hias, terutama yang menghasilkan banyak oksigen. Selain memurnikan udara di ruangan, tanaman hias efektif menghilangkan karbondioksida dan menggantinya dengan banyak oksigen di ruangan, sehingga ruangan dipenuhi oleh oksigen yang bisa diserap oleh tubuh.

Itulah beragam cara meningkatkan saturasi oksigen yang dapat dicoba di rumah. Jika cara-cara di atas tidak berhasil meningkatkan kadar oksigen di tubuh, bahkan disertai dengan keluhan lain, misalnya sesak napas, sakit kepala, lemas, batuk, keringat berlebih, pandangan kabur, atau napas menjadi cepat, konsultasikan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, didiagnosis, dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Perlu diingat, saturasi oksigen yang terlalu rendah, bisa menyebabkan sel-sel otak mati dan menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa, misalnya kejang, koma, dan kematian otak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout