Penyebab dan Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Efektif

cara menghilangkan plak gigi

Penyebab dan Cara Menghilangkan Plak Gigi yang Efektif

Plak gigi terbentuk dari penumpukan sisa makanan di celah gigi dan menyerupai lapisan tipis berwarna kekuningan. Jika tidak ditangani dengan tepat, plak gigi bisa menyebabkan kerusakan pada gigi dan gusi. Ketahui lebih lanjut mengenai penyebab dan cara menghilangkan plak gigi yang efektif.

Plak gigi yang tidak segera ditangani akan mengeras dan menimbulkan karang gigi yang berisiko kerusakan pada jaringan gigi dan gusi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab dan cara menghilangkan plak gigi berikut.

Penyebab Plak Gigi

Plak gigi bisa muncul karena tidak rutin membersihkan sisa makanan yang melekat di celah gigi atau cara menyikat gigi yang tidak benar. Penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan akan bereaksi dengan bakteri di mulut. Jika tidak ditangani segera, penumpukan sisa makanan dan bakteri akan membentuk plak yang akan mengeras dan membentuk karang gigi. Karang gigi bisa menyebabkan kerusakan gigi yang parah.

Ketahui Perbedaan Plak dan Karang Gigi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, plak gigi terbentuk dari penumpukan sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar saat menyikat gigi. Meski umum dialami banyak orang, namun plak gigi yang tidak ditangani dengan tepat akan menebal dan merusak gigi. Plak tidak menimbulkan rasa nyeri di gigi, sehingga jarang disadari hingga mengeras dan membentuk karang gigi. Sedangkan, karang gigi terbentuk akibat plak gigi yang tidak ditangani dengan tepat. Plak yang sudah berbentuk karang gigi akan lebih sulit dihilangkan. Selain itu, tekstur plak dan karang gigi berbeda. Tekstur karang gigi lebih keras dan sulit dihilangkan dengan sikat gigi dibandingkan plak gigi.

Beragam Cara Menghilangkan Plak Gigi Secara Alami

Gigi yang terlihat berwarna kekuningan akibat plak gigi bisa mengganggu penampilan, bahkan menurunkan kepercayaan diri. Selain itu, plak gigi bisa memicu bau mulut (halitosis) dan gangguan pada gusi. Untuk mengatasinya, berikut beragam cara menghilangkan plak gigi secara alami dan efektif yang bisa Anda terapkan:

1. Menyikat gigi secara teratur

Menyikat gigi dua kali per hari, yaitu pagi dan malam hari, adalah cara menghilangkan plak gigi yang efektif. Cara ini bermanfaat untuk menghambat pembentukan plak dan menghilangkan sisa makanan.

2. Mengganti sikat gigi secara rutin

Cara menghilangkan plak gigi berikutnya adalah mengganti sikat gigi secara teratur. Anda dianjurkan untuk mengganti sikat gigi setelah 3 bulan atau jika bulu sikat tidak bisa membersihkan gigi dengan optimal. Pilih sikat gigi berbulu lembut agar tidak melukai permukaan gigi dan gusi, terutama orang dengan gigi sensitif. 

3. Menggunakan pasta gigi mengandung fluoride

Penggunaan pasta gigi dengan kandungan fluoride juga ampuh menghilangkan plak gigi. Fluoride bermanfaat untuk memperkuat permukaan gigi, sehingga efektif mencegah plak dan risiko gigi berlubang.

4. Menggunakan obat kumur

Berkumur dengan obat kumur antiseptik adalah cara menghilangkan plak gigi lainnya. Pilih obat kumur dengan kandungan cetylpyridinium chloride, peroxide, atau fluoride, untuk menghambat pembentukan plak dan gigi berlubang.

5. Menggunakan benang gigi

Untuk mencegah plak gigi, penting untuk membersihkan celah gigi. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan benang gigi untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang melekat dan tidak terjangkau dengan sikat gigi, sekali sehari sebelum tidur malam. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout