Penyebab dan Cara Mengatasi Panu di Wajah Secara Alami

Simak informasi selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi panu di wajah secara alami.

Penyebab dan Cara Mengatasi Panu di Wajah Secara Alami

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Munculnya panu di wajah sering kali mengganggu penampilan dan memicu ketidaknyamanan. Namun, ada beragam cara mengatasi panu di wajah secara alami yang bisa Anda terapkan.

Gejala utama panu adalah bercak berwarna lebih gelap atau terang di permukaan kulit wajah di sekitarnya. Kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya dan tidak menular, namun bisa mengganggu penampilan. Simak informasi selengkapnya mengenai penyebab dan cara mengatasi panu di wajah secara alami.

Penyebab Panu di Wajah

Penyebab umum panu di wajah adalah infeksi jamur Malassezia yang berkembang cepat di permukaan kulit. Selain itu, ada beberapa faktor risiko yang memicu munculnya panu di wajah, yaitu:

  • Kulit berminyak.
  • Cuaca panas dan lembap.
  • Produksi keringat berlebih.
  • Daya tahan tubuh yang lemah.
  • Penggunaan produk skincare yang tidak tepat.
  • Perubahan hormon.

Kemunculan panu di wajah juga bisa dipicu oleh riwayat keluarga yang memiliki penyakit panu.

Beragam Cara Mengatasi Panu di Wajah Secara Alami

Meski tidak berbahaya, namun kemunculan panu di wajah bisa mengganggu penampilan. Ada beragam cara mengatasi panu di wajah secara alami yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Lidah buaya

Lidah buaya bersifat antiradang dan antijamur yang efektif menghambat pertumbuhan jamur penyebab panu. Untuk mendapatkan manfaatnya, pastikan area kulit yang berpanu dibersihkan terlebih dahulu, lalu ambil daging lidah buaya secukupnya, dan aplikasikan ke area kulit yang berpanu. Penggunaan gel lidah buaya juga bisa dilakukan untuk menghilangkan panu.

2. Bawang putih

Cara menghilangkan panu di wajah secara alami berikutnya adalah bawang putih. Kandungan senyawa allicin pada bawang putih bersifat antijamur, antibakteri, dan antiseptik yang dapat membantu mengatasi panu. Caranya, iris bawang putih, lalu aplikasikan ke area kulit yang berpanu, diamkan hingga 20 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih.

3. Madu

Efek antioksidan, antibakteri, dan antijamur pada madu dapat digunakan untuk mengatasi panu secara alami. Untuk mendapatkan manfaatnya, aplikasikan madu ke area kulit yang berpanu setidaknya 2 hingga 3 kali per hari.

4. Jahe

Kandungan senyawa yang disebut gingerol pada jahe bersifat antijamur, antibakteri, dan antiradang, sehingga efektif digunakan untuk mengatasi panu. Jahe juga dapat membantu mengurangi rasa gatal yang disebabkan oleh panu. Caranya, iris atau cincang jahe, lalu aplikasikan pada area kulit yang berpanu.

Jika cara-cara alami di atas tidak berhasil mengatasi panu, Anda bisa menggunakan krim dan sampo antijamur atau obat antijamur. Kedua perawatan tersebut efektif mengobati infeksi penyebab panu. Namun, diperlukan waktu yang tidak sebentar untuk mengembalikan warna kulit wajah seperti semula.

Cara Mencegah Panu di Wajah

Untuk mencegah panu muncul kembali, berikut beragam cara yang bisa dilakukan:

  • Hindari penggunaan produk skincare yang memicu produksi minyak berlebih.
  • Membersihkan wajah secara teratur dan mengeringkannya dengan handuk berbahan lembut. Jika wajah berkeringat, segera keringkan agar tidak memicu munculnya panu.
  • Menggunakan sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan dan menghindari paparan sinar matahari berlebihan.
  • Berada di ruangan yang sejuk dan kering.

Jika cara-cara di atas tidak berhasil mengatasi panu di wajah atau bahkan semakin parah, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout