Blog

cara mengisi pedulilindungi

Penting untuk Perjalanan: Cara Mengisi Pedulilindungi

Sejak diterapkan sebagai syarat perjalanan domestik dan internasional, cara mengisi Pedulilindungi menjadi hal yang penting di masa pandemi. Hal ini diberlakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19, yaitu dengan mengisi eHAC, Kartu Kewaspadaan Kesehatan versi modern.

Melalui aplikasi Pedulilindungi, Anda bisa mengisi data eHAC dengan mudah. Selain itu, pengawasan dari petugas juga menjadi lebih optimal. Anda ingin melakukan perjalanan domestik atau internasional? Mengisi data diri pada fitur eHAC di aplikasi Pedulilindungi adalah kewajiban. Berikut penjelasannya.

Cara Mengisi Pedulilindungi Secara Mudah untuk Perjalanan

Sebagai syarat perjalanan internasional dan domestik, Anda perlu mengetahui cara mengisi Pedulilindungi. Berikut caranya:

1. Mengisi eHAC di Aplikasi Pedulilindungi

Buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasinya, unduh di Google Play Store atau App Store. Kemudian, masuk ke akun Anda atau lakukan registrasi jika Anda belum memiliki akun. Masuk ke menu utama aplikasi Pedulilindungi. Klik ‘Electronic Health Alert Card (e-HAC) di bagian bawah.

2. Buat eHAC untuk Melakukan Perjalanan

Setelah itu, klik ‘Buat eHAC’ dan pilih ‘International eHAC’ jika kamu melakukan perjalanan dari luar negeri ke Indonesia atau ‘Domestik eHAC’ jika Anda ingin melakukan perjalanan di Indonesia.

3. Lengkapi Seluruh Data yang Dibutuhkan

Berikutnya, lengkapi seluruh data yang dibutuhkan dan lakukan konfirmasi. Anda juga bisa menambahkan data anggota keluarga lain dengan cara klik ‘Tambahkan Tanggungan’. Kemudian, lengkapi data diri anggota keluarga Anda, sama seperti cara di atas.

Kelengkapan Data yang Diperlukan

Sebelum melakukan perjalanan, lengkapi seluruh data yang dibutuhkan untuk mengisi eHAC di Pedulilindungi. Berikut data-data yang diperlukan:

1. Perjalanan Domestik

Untuk perjalanan domestik, ada tiga jenis data yang wajib diisi, yaitu Data Pribadi, Data Perjalanan, dan Pernyataan Kesehatan.

  • Data Pribadi: Kewarganegaraan, NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, serta Tujuan Perjalanan, yang dibagi tiga jenis, Tourism/Leisure/Vacation, Business, atau Foreign Worker.
  • Data Perjalanan: Kota Asal, Kota Tujuan, Alamat Tujuan (Hotel atau Tempat Tinggal), dan Detail Transportasi yang ada di tiket Anda.
  • Pernyataan Kesehatan: Negara yang dikunjungi dalam 14 hari terakhir dan pertanyaan apakah merasakan gejala-gejala yang disebutkan.

2. Perjalanan Internasional

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dari luar negeri ke Indonesia, pilih ‘International eHAC’ dan lengkapi data diri yang meliputi Data Pribadi, Data Perjalanan, serta Pernyataan Kesehatan. 

  • Data Pribadi: Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, serta Tujuan Perjalanan, yang dibagi tiga jenis, Tourism/Leisure/Vacation, Business, atau Foreign Worker, negara penerbit paspor, serta nomor paspor.
  • Data Perjalanan: Asal, Tujuan, Alamat Tujuan (Hotel atau Tempat Tinggal), dan Detail Transportasi yang ada di tiket Anda.
  • Pernyataan Kesehatan: Negara yang dikunjungi dalam 14 hari terakhir dan pertanyaan apakah merasakan gejala-gejala yang disebutkan.

Penggunaan eHAC di aplikasi Pedulilindungi merupakan kebutuhan yang penting agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar di masa pandemi. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan, Anas Ma’ruf, mengatakan agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi eHAC di aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat perjalanan, serta menghapus aplikasi eHAC terpisah.

Itulah cara mengisi Pedulilindungi yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan. Agar perjalanan lebih lancar, pastikan Anda melakukan vaksinasi dan tes COVID terlebih dahulu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout