Penting untuk Perjalanan: Cara Mengisi Pedulilindungi

cara mengisi pedulilindungi

Sejak diterapkan sebagai syarat perjalanan domestik dan internasional, cara mengisi Pedulilindungi menjadi hal yang penting di masa pandemi. Hal ini diberlakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19, yaitu dengan mengisi eHAC, Kartu Kewaspadaan Kesehatan versi modern.

Melalui aplikasi Pedulilindungi, Anda bisa mengisi data eHAC dengan mudah. Selain itu, pengawasan dari petugas juga menjadi lebih optimal. Anda ingin melakukan perjalanan domestik atau internasional? Mengisi data diri pada fitur eHAC di aplikasi Pedulilindungi adalah kewajiban. Berikut penjelasannya.

Cara Mengisi Pedulilindungi Secara Mudah untuk Perjalanan

Sebagai syarat perjalanan internasional dan domestik, Anda perlu mengetahui cara mengisi Pedulilindungi. Berikut caranya:

1. Mengisi eHAC di Aplikasi Pedulilindungi

Buka aplikasi Pedulilindungi di ponsel Anda. Jika belum memiliki aplikasinya, unduh di Google Play Store atau App Store. Kemudian, masuk ke akun Anda atau lakukan registrasi jika Anda belum memiliki akun. Masuk ke menu utama aplikasi Pedulilindungi. Klik ‘Electronic Health Alert Card (e-HAC) di bagian bawah.

2. Buat eHAC untuk Melakukan Perjalanan

Setelah itu, klik ‘Buat eHAC’ dan pilih ‘International eHAC’ jika kamu melakukan perjalanan dari luar negeri ke Indonesia atau ‘Domestik eHAC’ jika Anda ingin melakukan perjalanan di Indonesia.

3. Lengkapi Seluruh Data yang Dibutuhkan

Berikutnya, lengkapi seluruh data yang dibutuhkan dan lakukan konfirmasi. Anda juga bisa menambahkan data anggota keluarga lain dengan cara klik ‘Tambahkan Tanggungan’. Kemudian, lengkapi data diri anggota keluarga Anda, sama seperti cara di atas.

Kelengkapan Data yang Diperlukan

Sebelum melakukan perjalanan, lengkapi seluruh data yang dibutuhkan untuk mengisi eHAC di Pedulilindungi. Berikut data-data yang diperlukan:

1. Perjalanan Domestik

Untuk perjalanan domestik, ada tiga jenis data yang wajib diisi, yaitu Data Pribadi, Data Perjalanan, dan Pernyataan Kesehatan.

  • Data Pribadi: Kewarganegaraan, NIK, Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, serta Tujuan Perjalanan, yang dibagi tiga jenis, Tourism/Leisure/Vacation, Business, atau Foreign Worker.
  • Data Perjalanan: Kota Asal, Kota Tujuan, Alamat Tujuan (Hotel atau Tempat Tinggal), dan Detail Transportasi yang ada di tiket Anda.
  • Pernyataan Kesehatan: Negara yang dikunjungi dalam 14 hari terakhir dan pertanyaan apakah merasakan gejala-gejala yang disebutkan.

2. Perjalanan Internasional

Jika Anda ingin melakukan perjalanan dari luar negeri ke Indonesia, pilih ‘International eHAC’ dan lengkapi data diri yang meliputi Data Pribadi, Data Perjalanan, serta Pernyataan Kesehatan. 

  • Data Pribadi: Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Tanggal Lahir, serta Tujuan Perjalanan, yang dibagi tiga jenis, Tourism/Leisure/Vacation, Business, atau Foreign Worker, negara penerbit paspor, serta nomor paspor.
  • Data Perjalanan: Asal, Tujuan, Alamat Tujuan (Hotel atau Tempat Tinggal), dan Detail Transportasi yang ada di tiket Anda.
  • Pernyataan Kesehatan: Negara yang dikunjungi dalam 14 hari terakhir dan pertanyaan apakah merasakan gejala-gejala yang disebutkan.

Penggunaan eHAC di aplikasi Pedulilindungi merupakan kebutuhan yang penting agar perjalanan Anda berjalan dengan lancar di masa pandemi. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan, Anas Ma’ruf, mengatakan agar masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi eHAC di aplikasi Pedulilindungi sebagai syarat perjalanan, serta menghapus aplikasi eHAC terpisah.

Itulah cara mengisi Pedulilindungi yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan perjalanan. Agar perjalanan lebih lancar, pastikan Anda melakukan vaksinasi dan tes COVID terlebih dahulu.

Share this post

Best Seller Products

Related Post

Cara Daftar Vaksin Pfizer

Cepat dan Mudah, Ini Cara Daftar Vaksin Pfizer

Sebagai upaya mempercepat program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, pemerintah telah mendatangkan vaksin Pfizer yang mulai diberikan kepada masyarakat Indonesia...

Read More
Efek Vaksin Pfizer

Efek Vaksin Pfizer, Ini Gejala yang Perlu Anda Antisipasi

Pfizer atau BNT162b2 merupakan vaksin untuk mencegah infeksi virus COVID-19. Vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan bioteknologi Jerman, BioNTech, dan...

Read More
Efek Vaksin Moderna

Wajib Tahu, Efek Vaksin Moderna dan Cara Mengantisipasinya

Moderna atau mRNA-1273 adalah vaksin untuk mencegah infeksi virus COVID-19 yang dikembangkan oleh Moderna and Vaccine Research Center at...

Read More
Privasi Pedulilindungi

Privasi Pedulilindungi: Amankah untuk Pengguna?

Merebaknya kasus penemuan kebocoran data aplikasi Pedulilindungi sebanyak 1,3 juta pengguna menjadi sorotan banyak pihak. Hal itu memunculkan pertanyaan...

Read More
cara download pedulilindung

Cara Download Pedulilindungi yang Mudah dan Aman

Dengan semakin digencarkannya vaksinasi COVID-19 di Indonesia, memiliki sertifikat vaksin menjadi sangat penting. Tidak hanya untuk menunjukkan seseorang sudah...

Read More
Cara Daftar Vaksin Pedulilindungi

Aman dan Nyaman: Ini Cara Daftar Vaksin Pedulilindungi

Mengetahui cara daftar vaksin Pedulilindungi sangat penting untuk mendapatkan vaksin dengan aman dan nyaman. Dengan melakukan cara daftar vaksin...

Read More
Atasi Kendala Vaksinasi dengan Cek NIK Pedulilindungi

Atasi Kendala Vaksinasi dengan Cek NIK Pedulilindungi

Mengetahui cara cek NIK Pedulilindungi penting untuk diketahui oleh masyarakat. Hal ini dikarenakan jika NIK Anda salah, maka data...

Read More
Call Center Pedulilindungi

Call Center Pedulilindungi: Atasi Kendala Vaksinasi

Anda sering menghadapi kendala dalam mengakses situs web atau aplikasi Pedulilindungi? Tidak perlu khawatir. Call center Pedulilindungi merupakan kontak...

Read More
has been added to your cart:
Checkout