Blog

mengatasi perut kembung pada bayi

Penting, Ini 4 Cara Mengatasi Perut Kembung pada Bayi

Ada cukup banyak faktor, yang membuat bayi jadi gelisah dan juga rewel, salah satunya adalah perut kembung. Ini adalah salah satu kondisi yang sering terjadi pada bayi. Jika hal ini terjadi pada bayi Anda, jangan khawatir, lakukan salah satu dari beberapa cara mengatasi perut kembung pada bayi berikut ini :

1. Posisi menyusui harus tepat

Cara pertama untuk mengatasi perut kembung, yaitu dengan memastikan posisi menyusui harus tepat. Salah posisi menyusui, membuat udara mudah masuk ke perut bayi, hasilnya perut bayi mudah kembung.

Pastikan posisi kepala bayi, sedikit lebih tinggi, dari bagian perut, agar ASI mudah masuk kedalam perut, dan membuat udara tidak banyak masuk kedalam perut. Selain itu, setelah selesai menyusui, bayi juga jadi mudah untuk bersendawa. 

Guna membantu Anda dalam menyusi secara baik dan membantu menyangga kepala bayi, Anda dapat menggunakan bantal menyusui.    

2. Sendawakan bayi setelah diberi susu

Adapun cara mengatasi perut kembung pada bayi berikutnya yaitu menyendawakan bayi, yang baru diberi susu. Tujuan untuk membantu mendorong udara yang masuk selama menyusui.

Apabila bayi Anda tidak langsung bersendawa, coba untuk membaringkan si kecil selama beberapa menit, lakukan selama beberapa kali. Cara lainnya, yaitu menggendong bayi di atas bahu Anda. Kemudian tepuk tepuk punggung bayi secara perlahan.   

3. Lakukan gerakan seperti bersepeda

Cara berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk membuang udara di perut bayi, yaitu dengan melakukan gerakan seperti bersepeda.

Pertama baringkan si kecil dalam posisi terlentang. Berikutnya angkat kedua kaki bayi ke atas, dan lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. Gerakan tersebut, dilakukan ke arah perut. Tujuannya untuk membantu mendorong udara yang terperangkap di dalam perut ke luar.

Bisa juga dengan cara mendorong lutut bayi ke arah perut, kemudian tahan selama 10 detik, dan melepaskan secara perlahan, dengan meluruskan kaki sang bayi. Lakukan gerakan tersebut selama beberapa kali, hingga si kecil buang angin.

4. Lakukan Tummy Time

Tummy Time juga dapat Anda lakukan untuk mengurangi kembung pada perut bayi. Caranya, bantu bayi jadi posisi tengkurap, bisa di atas kasur atau juga di perut ibu. Selain membantu bayi bergerak secara leluasa, juga membantu mengeluarkan udara yang terperangkap di perut bayi.

Tapi yang perlu Anda perhatikan, ada beberapa bayi yang akan mengalami gumoh ketika langsung tengkurap setelah selesai menyusui atau juga makan. Untuk mengatasinya, sebaiknya Anda menunggu selama 20 hingga 30 menit, sebelum bayi melakukan tummy time. Pastikan Anda sebagai ibu, juga mengawasi, si kecil, ketika melakukan tummy time.

Dari beberapa penjelasan di atas tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi, tentunya tidak sulit untuk dilakukan. Jadi Anda para ibu, jangan panik lagi, ketika bayi mengalami perut kembung. Segera lakukan salah satu, dari cara yang sudah disebutkan di atas.  

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout