Blog

darah tinggi harus makan apa

Pengidap Darah Tinggi Harus Makan Apa? Ini Rekomendasinya

Pemilihan makanan yang tepat penting untuk pengidap darah tinggi agar tekanan darah bisa dikontrol dan terhindar dari komplikasi. Lalu, pengidap darah tinggi harus makan apa? Ketahui lebih lanjut mengenai beragam jenis makanan yang direkomendasikan untuk darah tinggi.

Meski tidak bisa disembuhkan, namun tekanan darah tinggi bisa dikontrol. Jika tidak dikontrol dengan baik, tekanan darah tinggi berisiko komplikasi yang serius, misalnya penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, agar terhindar dari komplikasi, tekanan darah tinggi perlu dikontrol dengan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi. Pengidap darah tinggi harus makan apa? Berikut informasi selengkapnya. 

Daftar Makanan untuk Pengidap Darah Tinggi

Menerapkan pola makan sehat adalah kunci untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Meski tidak menurunkan darah tinggi dengan cepat, namun ada beragam makanan yang bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Pengidap darah tinggi harus makan apa? Berikut rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi untuk darah tinggi:

1. Ikan salmon

Makanan yang penting untuk dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi adalah ikan salmon. Kandungan lemak sehat, yaitu asam lemak omega-3, pada ikan salmon ampuh menurunkan tekanan darah dengan cara mencegah peradangan di tubuh dan mengurangi kadar senyawa yang berisiko mempersempit pembuluh darah, yaitu oxylipin.

2. Sayuran hijau 

Sayuran hijau adalah makanan yang direkomendasikan untuk pengidap darah tinggi, misalnya brokoli dan bayam. Sayuran tersebut tinggi nutrisi, misalnya antioksidan, serat, kalium, magnesium, dan potasium, yang ampuh meningkatkan kesehatan dan mengoptimalkan pembuluh darah, sehingga efektif mengontrol tekanan darah dan menjaganya tetap normal. 

3. Buah bit

Kandungan nitrat pada buah bit efektif mencegah tekanan darah tinggi. Nitrat adalah senyawa yang berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Hal in juga dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi buah bit ampuh menurunkan tekanan darah sistolik.

4. Wortel

Pengidap darah tinggi harus makan apa? Wortel adalah pilihan yang tepat. Penelitian menemukan bahwa kandungan senyawa fenolik di wortel ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, konsumsi wortel secara mentah.

5. Susu rendah lemak dan yoghurt

Pengidap darah tinggi juga sebaiknya mengonsumsi susu rendah lemak dan tinggi kalsium untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Yoghurt rendah lemak dan tanpa gula bisa menjadi pilihan jika Anda tidak menyukai susu atau intoleransi laktosa.

Makanan yang Perlu Dihindari oleh Pengidap Darah Tinggi

Tidak cukup hanya mengonsumsi makanan yang direkomendasikan untuk darah tinggi, Anda perlu menghindari makanan tertentu agar tekanan darah terkontrol. Berikut beragam makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap darah tinggi:

  • Minuman tinggi gula.
  • Minuman berkafein dan beralkohol.
  • Makanan tinggi natrium atau garam, misalnya, junk food atau daging olahan seperti sosis.
  • Makanan tinggi lemak, misalnya daging merah, kulit ayam, mentega, dan susu full cream.
  • Makanan olahan.
  • Asinan. 

Itulah beragam makanan yang harus dikonsumsi dan dihindari oleh pengidap darah tinggi. Terapkan aturan makanan tersebut agar tekanan darah terkendali dan terhindar dari komplikasi darah tinggi. Untuk informasi lebih lanjut terkait pola makan yang tepat untuk pengidap darah tinggi, diskusikan ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout