Blog

Manfaat Pare

Pahit Namun Bergizi: 6 Manfaat Pare untuk Kesehatan

Meski tidak semua orang menyukai rasanya yang pahit, namun pare kerap dimanfaatkan sebagai sayuran atau campuran dalam makanan, seperti siomay. Di balik rasanya yang pahit, manfaat pare ternyata sangat penting untuk kesehatan tubuh. 

Ingin tahu apa saja manfaat pare untuk kesehatan? Berikut 6 manfaat pare yang memiliki beragam khasiat, mulai dari menjaga kesehatan kulit hingga mengatasi diabetes.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat yang pertama ini telah dibuktikan melalui beberapa penelitian kesehatan yang menemukan bahwa kandungan dalam pare sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Tidak hanya menyehatkan pencernaan, namun mengonsumsi pare secara rutin juga efektif dalam mencegah timbulnya berbagai penyakit, seperti kenaikan asam lambung. Selain itu, rasa pahit dalam pare diketahui dapat menstimulasi sekresi lendir yang berfungsi untuk membuat keseimbangan asam di dalam tubuh menjadi lebih baik, sehingga dapat mencegah terjadinya tukak lambung.

2. Mengatasi Diabetes

Pare ternyata juga memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi diabetes. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa manfaat sayur pare ternyata dapat membantu menjaga keseimbangan kadar gula darah dan beberapa jenis hormon lain, seperti hormon endokrin. Dengan adanya keseimbangan kadar gula darah, maka berpengaruh besar pada menurunnya risiko terkena diabetes. Selain itu, beberapa pakar kesehatan juga mengklaim bahwa pare dapat membantu proses penyembuhan batu ginjal.

3. Membantu Mengobati HIV/AIDS

Khasiat yang satu ini sungguh menakjubkan karena masih jarang diketahui oleh banyak orang. Menurut studi yang dirilis oleh Journal of Naturophatic Medicine, komposisi fitokimia dalam pare ternyata berkhasiat dalam menghambat aktivitas Human Immunodeficiency Virus (HIV), yaitu virus penyebab penyakit AIDS. Kandungan tersebut memberikan efek tambahan dalam kombinasi dengan pengobatan AIDS. Selain itu, beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa pare memiliki sifat antivirus yang dapat mengobati pengidap herpes simpleks virus-1 (HSV-1), serta mencegah penyebaran plak herpetik kepada orang lain.

4. Menjaga Kesehatan Kulit

Mengonsumsi pare secara rutin ternyata juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah berbagai masalah kulit. Antara lain, membantu menghilangkan jerawat, noda, infeksi kulit, mengobati bisul, gatal, psoriasis, dan penyakit jamur lainnya. Selain itu, pare juga tinggi akan antioksidan yang bermanfaat dalam memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit wajah. Untuk mendapatkan khasiat pare secara efektif, konsumsi jus pare yang dicampur dengan lemon saat perut kosong selama 6 bulan.

5. Membersihkan Darah

Sifat antimikroba dan antioksidan dalam pare memiliki beragam manfaat yang penting bagi tubuh. Antara lain, mengatasi masalah kulit, mengobati gangguan darah, membersihkan racun dalam darah, serta meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Darah yang bersih dapat mempercepat penyembuhan beberapa masalah pada kulit, seperti ruam, jerawat, psoriasis, bisul, gatal-gatal yang disebabkan oleh toksaemia, serta menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

6. Mencegah Kanker

Beberapa penelitian membuktikan manfaat pare dalam mengatasi peradangan dan mencegah risiko terjadinya kanker. Hal ini dikarenakan adanya ekstrak dalam pare yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan menginduksi apoptosis, mengambil siklus sel, autophagy, serta menghambat sel induk kanker. Selain itu, penelitian lain juga menemukan bahwa triterpenoid tipe cucurbitane, yaitu golongan senyawa utama dalam pare, berperan besar dalam beragam aktivitas biologis, termasuk aktivitas antikanker.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout