Blog

Obat Demam Batuk Pilek Anak Alami yang Efektif

Obat Demam Batuk Pilek Anak Alami yang Efektif

Demam pada anak biasanya disertai batuk dan pilek yang membuatnya merasa tidak nyaman. Demam bahkan bisa membuat anak menjadi rewel dan kurang tidur. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat demam batuk pilek anak alami.

Anda tidak bisa sembarangan memberikan obat demam atau batuk pada anak. Hal ini dikarenakan obat yang dijual di pasaran tidak dianjurkan untuk anak usia di bawah 6 tahun. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan obat demam batuk pilek anak alami yang lebih aman berikut.

Pilihan Obat Demam Batuk Pilek Anak Alami

Dikutip dari U.S. Food and Drug Administration (FDA), obat yang dijual secara bebas di pasaran tidak direkomendasikan untuk anak usia di bawah 6 tahun. Hal ini dikarenakan obat tersebut bisa berisiko pada anak. Oleh karena itu, FDA merekomendasikan obat demam batuk pilek anak yang alami.

Selain lebih minim risiko dan lebih menyehatkan, obat demam batuk pilek alami mudah didapatkan dan bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati demam batuk pilek pada anak:

1. Air garam

Air garam sejak lama digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk batuk pada anak. Bahan alami ini dipercaya dapat menghilangkan dahak, sehingga bisa mengatasi batuk. Selain itu, air garam juga dapat menyerap cairan berlebih pada tenggorokan yang bengkak. 

Caranya, siapkan satu sendok teh garam dan satu gelas air hangat, kemudian gunakan sebagai obat kumur pada anak. Namun, menurut penelitian di Medical News Today, sebaiknya hindari memberikan air garam kepada anak yang belum bisa berkumur. Hal ini dikarenakan jika air garam tertelan justru dapat membahayakan kesehatan.

2. Belimbing wuluh

Belimbing wuluh juga bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan, termasuk demam batuk pilek pada anak. Jika buah belimbing wuluh biasanya digunakan untuk menambah rasa asam pada makanan, maka bunga belimbing wuluh bisa digunakan sebagai obat demam dan batuk alami yang efektif.

Caranya, siapkan bunga belimbing wuluh, lalu rendam dalam air mendidih. Setelah itu, minum secara rutin. Selain itu, menurut penelitian, belimbing wuluh juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan lainnya, seperti sakit kepala, keracunan makanan, dan bisul pada kulit.

3. Jahe

Jahe merupakan obat demam batu pilek anak alami lainnya. Bahan alami ini sejak lama terbukti ampuh dalam mengatasi batuk yang mengganggu dan melegakan pernapasan. Hal ini dikarenakan jahe mengandung senyawa antiinflamasi yang berfungsi untuk melegakan membran pada saluran pernapasan, sehingga dapat menyembuhkan batuk kering atau batuk yang disebabkan asma.

Caranya, siapkan 20-40 gram irisan jahe dan satu gelas air panas, rendam kedunya selama beberapa menit, kemudian minum. Lakukan cara ini secara rutin untuk mempercepat penyembuhan anak.

4. Kencur

Menurut penelitian, kencur bubuk terbukti memiliki sifat ekspektoran alami. Sifat tersebut bermanfaat untuk meredakan demam, pilek, dan batuk pada anak. 

Caranya, siapkan kencur dan segelas air, kemudian rebus kencur dengan air, lalu minum. Agar lebih mudah dicerna oleh anak, sebaiknya minuman disaring terlebih dahulu. Lakukan cara ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout