Blog

bagaimana cara mengatasi demam pada anak? Ketahui lebih lanjut obat demam anak usia 3 tahun secara alami.

Obat Demam Anak 3 Tahun yang Efektif

Seiring dengan melonjaknya kasus gagal ginjal akut pada anak, Kementerian Kesehatan RI telah melarang penggunaan obat cair. Lalu, bagaimana cara mengatasi demam pada anak? Ketahui lebih lanjut obat demam anak usia 3 tahun secara alami.

Untuk mengantisipasi munculnya kasus gagal ginjal akut pada anak, orang tua dianjurkan untuk melakukan cara mengobati demam anak usia 3 tahun yang lebih aman. Berikut beberapa obat demam anak 3 tahun yang efektif.

Rekomendasi Obat Demam Anak 3 Tahun 

Kementerian Kesehatan telah melarang penggunaan obat cair yang diduga bisa memicu keracunan. Pemerintah daerah juga perlu memberikan sosialisasi kepada masyarakat, terutama orang tua yang memiliki anak usia 3 tahun, untuk menangani demam pada anak tanpa obat cair atau sirup. Hal ini bertujuan untuk menekan kasus gagal ginjal akut pada anak. Berikut beberapa cara mengatasi demam secara alami yang bisa diterapkan orang tua:

1. Mengompres anak

Kompres air hangat merupakan salah satu tindakan pertama untuk mengobati demam anak. Caranya, siapkan handuk atau kain yang bersih, lalu basahi dengan air hangat, kompres pada area leher, dahi, dan ketiak anak. Perlu diingat, cara ini hanya untuk meredakan demam dalam waktu yang singkat. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan beberapa cara lain agar lebih efektif.

2. Berikan anak pakaian yang nyaman

Ketika demam, pakaikan anak pakaian yang tidak terlalu tebal dan terasa nyaman. Hindari memakaikan pakaian yang tebal pada anak, karena justru bisa memperparah demam. 

3. Pastikan anak cukup istirahat

Pastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Dengan begitu, tubuh anak bisa melawan virus atau bakteri yang menyebabkan demam. Agar anak bisa tidur nyenyak, pastikan lingkungan tidurnya juga nyaman.

4. Pastikan kebutuhan cairan anak terpenuhi

Salah satu penyebab demam adalah dehidrasi. Oleh karena itu, pastikan ibu mencukupi asupan cairan tubuh anak setiap hari. Selain air putih, ibu bisa memberikan anak jus buah tanpa gula, kuah kaldu, atau beragam jenis buah yang memiliki kandungan air cukup tinggi.

5. Pastikan menggunakan obat dengan resep dokter

Meski obat cair atau sirop dilarang, namun Anda tetap bisa membawa anak ke dokter untuk diperiksa secara menyeluruh dan mendapatkan obat-obatan yang sesuai kondisinya. Selain itu, Kementerian Kesehatan juga memperbolehkan penggunaan obat pereda demam lainnya, seperti obat dalam bentuk tablet. Namun, pastikan penggunaannya sesuai dengan anjuran dokter.

Ketahui Gejala Gagal Ginjal Akut pada Anak

Dalam menghadapi kasus gagal ginjal akut pada anak, orang tua diminta untuk tetap waspada. Hal ini dikarenakan ada sejumlah gejala penyakit tertentu yang berisiko dialami anak, sehingga orang tua bisa menangani dengan tepat. Berikut beberapa gejala gagal ginjal akut pada anak yang perlu Anda ketahui:

  • Demam.
  • Muntah.
  • Batuk.
  • Diare.

Jika tidak ditangani dengan tepat, gejala di atas bisa semakin parah dan menyebabkan beberapa keluhan berikut:

  • Sesak napas.
  • Kesadaran mulai hilang.
  • Jarang buang air kecil.
  • Jumlah urine berkurang.
  • Terjadinya pembengkakan pada tubuh.

Jika Anda telah melakukan berbagai cara mengatasi demam di atas, namun demam anak tidak mereda, sebaiknya hubungi dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout