Obat Batuk Pilek Demam Anak Alami

cara-cara alami tersebut juga bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa obat batuk, pilek, dan demam anak alami yang perlu Anda ketahui.

Obat Batuk Pilek Demam Anak Alami

Beberapa waktu yang lalu, publik dikejutkan dengan ditariknya 5 obat sirop dari peredaran oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Obat tersebut adalah demam, batuk, dan pilek anak. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan beberapa cara alami yang lebih aman sebagai obat batuk pilek demam. 

Menerapkan cara alami untuk mengobati batuk, pilek, dan demam pada anak relatif lebih minim risiko dan lebih menyehatkan. Selain itu, cara-cara alami tersebut juga bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa obat batuk, pilek, dan demam anak alami yang perlu Anda ketahui.

Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menyembuhkan batuk, pilek, dan demam anak:

1. Berikan makanan atau minuman hangat

Cara alami dan aman untuk mengobati batuk, pilek, dan demam pada anak adalah mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Berikan sup ayam, kaldu, air putih hangat, atau perasan lemon, untuk meningkatkaan imun tubuh anak. 

Makanan atau minuman hangat berfungsi untuk membantu mengencerkan lendir pada tenggorokan. Jangan berikan anak minuman berkafein, seperti teh, karena bisa membuat anak lebih sering buang air kecil.

2. Mandi air hangat

Ketika demam, mandikan anak dengan menggunakan air hangat. Mandi air hangat merupakan cara alami untuk mengobati batuk, pilek, dan demam anak. Dengan cara ini, anak bisa menghirup uap hangat lebih banyak dan bisa mengencerkan lendir, sehingga melegakan pernapasan dan membut anak tidur lebih nyenyak. Namun, jangan memandikan anak terlalu lama, karena justru bisa memperparah demam.

3. Larutan garam atau semprotan hidung

Menggunakan larutan garam atau semprotan garam untuk mengobati demam, batuk, dan pilek pada anak juga bisa Anda coba. Kedua cara tersebut bermanfaat untuk membantu mengencerkan lendir yang menyumbat pernapasan. 

Meski demikian, semprotan hidung sering kali membuat anak tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda bisa melatih anak usia 6 tahun ke atas untuk berkumur dengan larutan garam.

4. Minyak hangat

Obat batuk, pilek, dan demam pada anak berikutnya adalah menggunakan minyak hangat. Caranya, Anda bisa mengaplikasikan minyak hangat, gel menthol, atau balsam yang diformulasikan untuk anak. Cara tersebut bisa membuat tubuh anak lebih hangat tanpa menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebaiknya Anda membalurkan minyak hangat pada area leher dan dada anak. Sebelum dibalurkan ke seluruh tubuh, sebaiknya balurkan terlebih dahulu di area lengan. Jika tidak menimbulkan efek samping pada anak, seperti kemerahan atau gatal-gatal, lanjutkan membalur di bagian tubuh lain.

5. Madu

Madu juga termasuk cara alami yang efektif dalam menyembuhkan batuk, pilek, dan demam pada anak. Caranya, siapkan satu sendok teh madu, kemudian berikan kepada anak. Agar efeknya semakin optimal, Anda bisa mencampurkan madu dengan wedang jahe atau lemon. Namun, sebaiknya jangan memberikan madu kepada anak di bawah usia satu tahun, karena bisa meningkatkan risiko terjadinya keracunan. 

Jika Anda sudah melakukan cara-cara mengobati batuk, pilek, dan demam di atas, namun demam anak tidak kunjung sembuh, sebaiknya bawa anak ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh, sehingga diberikan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout