Blog

Namun, jika batuk membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas, berikut pilihan obat batuk ibu dan anak alami yang bisa Anda coba.

Obat Batuk Ibu dan Anak Alami

Batuk merupakan salah satu keluhan yang sering dialami ibu dan anak. Meski tidak berbahaya, batuk bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, ada beberapa obat batuk ibu dan anak alami yang perlu Anda ketahui.

Batuk sebenarnya bukanlah penyakit, namun cara alami tubuh dalam membersihkan tenggorokan dari partikel-partikel asing. Namun, jika batuk membuat Anda tidak nyaman dalam beraktivitas, berikut pilihan obat batuk ibu dan anak alami yang bisa Anda coba.

Berikut beberapa cara alami yang bisa mengobati batuk ibu dan anak secara efektif:

1. Jahe

Bahan alami yang satu ini cukup populer karena khasiatnya dalam mengobati batuk. Jahe yang biasanya digunakan sebagai bahan masakan dan jamu ini memiliki sifat antiperadangan yang berfungsi untuk melemaskan membran di saluran udara, sehingga bisa mengurangi batuk.

Caranya, siapkan 20-40 gram jahe yang sudah diiris dan secangkir air panas, kemudian seduh jahe ke dalam air panas tersebut, biarkan selama beberapa menit, lalu minum. Agar manfaatnya lebih optimal, tambahkan perasan lemon. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki gangguan lambung, karena bisa berisiko sakit perut.

2. Perbanyak cairan

Ketika seseorang sedang batuk atau demam, mencukupi asupan cairan tubuh adalah hal yang penting. Penelitian menemukan bahwa minum air dengan suhu ruangan efektif dalam menyembuhkan pilek, batuk, dan bersin.

Jika Anda merasakan gejala flu, termasuk batuk, sebaiknya minum air hangat secara rutin. Namun, jika batuk disebabkan oleh radang tenggorokan, hindari minum air yang terlalu panas. Beberapa jenis cairan yang berkhasiat untuk meredakan batuk adalah air putih hangat, teh herbal, wedang jeruk, dan kuah kaldu.

3. Berkumur dengan air garam

Obat batuk ibu dan anak berikutnya adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Air garam bermanfaat untuk mengencerkan lendir yang menyumbat tenggorokan. Caranya, siapkan setengah sendok teh garam dan air hangat, aduk hingga merata, diamkan beberapa menit. Setelah itu, gunakan untuk berkumur hingga bagian belakang tenggorokan.

Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini beberapa kali sehari. Namun, jangan lakukan cara ini pada anak yang belum bisa berkumur dengan benar, karena justru bisa membahayakan kesehatannya. 

4. Nanas

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain. Bromelain memiliki sifat antiperadangan yang berfungsi untuk mengencerkan dan membersihkan lendir, sehingga efektif dalam mengobati batuk ibu dan anak.

Untuk mendapatkan manfaat nanas dalam mengobati batuk, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau diolah sebagai jus. Namun, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi nanas dan antibiotik atau obat pengencer darah secara bersamaan, karena bisa menimbulkan efek samping yang serius.

5. Peppermint

Untuk meredakan batuk yang membandel, Anda juga bisa menggunakan daun peppermint. Hal ini dikarenakan peppermint mengandung menthol yang berfungsi untuk mengencerkan lendir pada tenggorokan dan melegakan tenggorokan. Caranya, Anda bisa minum teh peppermint atau menghirup uap minyak peppermint.

Jika Anda sudah melakukan beberapa cara alami di atas, namun batuk tidak mereda setelah lebih dari tiga minggu, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk diperiksa secara menyeluruh dan mendapatkan pengobatan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout