Blog

cara agar rambut tidak mengembang

Mudah dan Cepat, Ini Cara agar Rambut Tidak Mengembang

Rambut yang mengembang memang mengganggu penampilan. Hal ini dikarenakan rambut yang mengembang lebih sulit disisir dan diatur. Namun, ada beberapa cara agar rambut tidak mengembang yang bisa Anda lakukan di rumah.

Untuk mengatasi rambut yang mengembang, Anda bisa melakukan perawatan rambut sehari-hari atau menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Berikut beberapa cara agar rambut tidak mengembang yang bisa Anda coba.

Cara agar Rambut Tidak Mengembang

Berikut beberapa cara agar rambut tidak mengembang yang mudah dan cepat:

1. Sisir rambut dengan tangan yang basah

Tidak memaksakan untuk menyisir rambut adalah salah satu cara agar rambut tidak mengembang. Memaksakan menyisir rambut hanya akan mengganggu kutikula rambut, sehingga berisiko membuat rambut rusak. Kutikula yang rusak juga menyebabkan rambut mudah mengembang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menyisir rambut dengan tangan yang basah agar rambut tidak mengembang. 

2. Aplikasikan kondisioner

Cara agar rambut tidak mengembang lainnya adalah rutin mengoleskan kondisioner saat mencuci rambut. Anda bisa mengoleskan kondisioner dari bagian tengah ke ujung rambut dengan menggunakan jari-jari tangan. 

Pilihlah kondisioner yang mengandung protein, karena protein dipercaya bisa mengontrol rambut mengembang, serta membuat rambut tampak lebih bersinar. Penggunaan kondisioner juga dapat memberi efek rambut lebih lemas dan mudah diatur.

3. Batasi penggunaan hair dryer dan catokan

Membatasi penggunaan alat perawatan rambut, seperti catokan, hair dryer, dan pengeriting rambut (curling iron), bisa membantu mencegah rambut mengembang. Seperti halnya kulit, rambut juga dapat mengalami kerusakan jika tarpapar panas terus-menerus. 

Jika ingin mengeringkan rambut, Anda bisa menggunakan kipas angin atau hair dryer dengan suhu rendah. Jika terpaksa harus menggunakannya, sebaiknya Anda mengoleskan produk rambut yang berfungsi untuk melindungi rambut dari suhu panas alat perawatan rambut.

4. Menggunakan produk perawatan rambut bebas alkohol

Menggunakan produk perawatan rambut bebas alkohol juga bisa dilakukan sebagai cara agar rambut tidak mengembang. Hal ini dikarenakan kandungan alkohol berisiko membuat rambut kering dan mengembang.

5. Oleskan cuka apel

Menggunakan cuka apel adalah cara alami untuk mencegah rambut kering dan mengembang. Rambut yang sehat umumnya bersifat asam. Jika kondisi rambut menjadi terlalu basa, kutikula rambut akan terbuka, sehingga rambut pun terlihat mengembang. Penelitian menemukan bahwa manfaat cuka apel dapat mengembalikan keasaman rambut. 

Cuka apel juga dipercaya bisa membuat rambut lebih bersinar, karena bisa menyingkirkan residu pada rambut. Caranya cukup mudah, tuangkan sedikit cuka apel ke dalam segelas air, bilaskan ke rambut dan diamkan selama 1-3 menit. Kemudian, bilas dengan air sejuk (bukan dingin) dan keringkan. Untuk hasil yang optimal, lakukan cara ini setidaknya 2 kali dalam seminggu. 

6. Berikan sedikit detangler rambut anak

Produk detangler rambut anak juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi rambut mengembang. Hal ini dikarenakan produk tersebut lebih ringan dan tidak membuat rambut terlihat berminyak. Semprotkan sedikit ke tangan, kemudian oleskan dari bagian tengah ke ujung rambut. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout