Blog

menu sarapan diet

Menu Sarapan Diet Sehat: Roti Gandum Hingga Smoothie Buah

Diet bukan berarti mengurangi asupan makanan secara drastis. Saat diet, Anda juga perlu mengonsumsi menu sarapan diet sehat untuk mendukung keberhasilan diet dan menjaga kestabilan berat badan Anda.

Mengonsumsi menu sarapan diet sehat dapat membantu mencegah nafsu makan berlebihan, karena Anda bisa kenyang hingga siang. Berikut beberapa menu sarapan sehat yang direkomendasikan bagi Anda yang sedang diet.

Menu Sarapan Diet Sehat

Sarapan untuk diet bermanfaat untuk membuat Anda kenyang lebih lama, memberi energi, dan membantu mengontrol nafsu makan. Berikut rekomendasi menu sarapan diet.

1. Roti gandum dan selai kacang

Roti gandum kaya akan serat, sehingga direkomendasikan sebagai salah satu pilihan sarapan bagi orang yang sedang diet. Selain itu, roti gandum juga tinggi protein, sehingga bisa membuat Anda kenyang hingga makan siang.

Untuk pilihan topping, cobalah gunakan selai kacang. Meski mengandung lemak, namun banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi selai kacang tidak memicu kenaikan berat badan.

2. Telur rebus

Telur merupakan salah satu sumber protein yang dapat membuat Anda kenyang dan berenergi hingga siang hari. Selain itu, telur juga mengandung selenium dan vitamin B12 yang membantu pembentukan energi dalam sel-sel tubuh Anda. Untuk program diet Anda, cobalah membuat telur rebus atau kukus dan kombinasikan dengan sayuran segar atau roti gandum. 

3. Oatmeal

Menu sarapan diet sehat selanjutnya adalah oatmeal. Oatmeal kaya akan serat dan protein, namun rendah kalori, sehingga bisa membantu mengontrol berat badan. Selain itu oatmeal juga mengandung sejenis serat yang disebut beta-glukan, yang menurut studi dapat membantu mengontrol nafsu makan. Meski demikian, hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan efek langsungnya terhadap berat badan.

 4. Sereal tinggi serat dengan susu

Sereal dan susu adalah solusi sarapan praktis untuk diet. Pilihlah produk sereal yang tinggi serat, namun tidak banyak mengandung gula tambahan, dan kandungan gulanya tidak lebih dari 5 gram per sajian.

Lengkapi sereal dengan susu rendah lemak atau susu skim untuk diet. Jika Anda tidak suka atau tidak bisa mengonsumsi susu sapi, pilih produk susu nabati, seperti susu almond, susu kedelai, atau susu gandum (oat).

5. Roti lapis

Anda juga bisa mengonsumsi setangkup roti gandum dengan daging asap, mayones rendah lemak, selada, dan tomat. Menu sarapan ini akan memberikan Anda asupan protein, vitamin, lemak, dan karbohidrat yang baik untuk diet.

Roti lapis dengan isian tersebut juga tidak mengandung banyak kalori, namun bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak mentega agar kandungan lemak jenuh dan kalorinya tidak berlebihan. 

6. Smoothie dengan buah-buahan

Sisa susu dan buah-buahan yang ada di rumah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat. Caranya, masukkan susu dan buah-buahan ke dalam blender dan tambahkan sedikit es batu atau greek yoghurt. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga menghasilkan smoothies yang lembut, menyegarkan, dan manis secara alami. Meski bukan termasuk makanan padat, smoothies dari susu dan buah-buahan tetap bisa menjadi menu sarapan diet sehat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout