Mengetahui Manfaat dan Jumlah Kalori Ubi Rebus

kalori ubi rebus

Mengetahui Manfaat dan Jumlah Kalori Ubi Rebus

Ubi rebus adalah makanan yang sangat sehat karena diolah dengan cara direbus. Itu berarti meminimalkan kalori dari minyak goreng yang terkandung di dalamnya. Mengkonsumsi ubi rebus disaat hujan sangat menggugah selera. Kalori ubi rebus ini juga termasuk rendah sehingga bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik bagi yang ingin menurunkan berat badan. Meski termasuk memiliki kalori yang rendah, ternyata ubi rebus baik untuk kesehatan.

Jumlah Kalori Ubi Rebus 

Ubis rebus adalah jenis umbi-umbian dengan citarasa manis. Ubi ini bisa diperoleh di pasar. Anda bisa memilih ubi berwarna orange, putih, merah, ungu, ataupun merah muda. Semua jenis ubi tersebut sehat dan rasanya enak. Jumlah kalori ubi rebus termasuk rendah dibandingkan dengan ubi goreng. Setiap 100 gram ubi rebus mengandung sekitar 100 kalori. Tentu saja Anda bisa tetap kenyang saat memakan satu buah ubi rebus untuk membantu program diet Anda. 

Kandungan Nilai Gizi Ubi Rebus 

Ubi rebus tak hanya memiliki kalori yang rendah. Ternyata ubi rebus juga mengandung gizi yang baik bagi kesehatan.Berikut beberapa kandungan zat gizi baik mikro serta makro yang ada  di 100 gram ubi rebus. 

  • 19,5 gram Karbohidrat 
  • 1,37 gram Protein 
  • 27 mg Kalsium 
  • 5.2 gram serat 
  • 18 mg magnesium 
  • 15700 IU vitamin A
  • 230 mg potassium 

Jumlah kalori ubi rebus ini sama untuk setiap jenis ubi yang dimakan. Jadi, Anda tak perlu khawatir saat ingin menyantap berbagai jenis ubi jalar. 

Manfaat Ubi Rebus 

Dibalik kalori yang rendah, ternyata ubi rebus menyimpan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Inilah beberapa manfaat ubi rebus yang bisa didapatkan. 

1. Sumber Karbohidrat 

Ubi rebus ternyata berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk diet. Anda bisa menyukseskan program diet dengan mengkonsumsi ubi rebus. Ubi rebus ini sesuai dengan kebutuhan gizi saat diet. Di dalam ubi rebus terdapat kandungan karbohidrat kompleks dan serat tinggi. Ini berarti tubuh membutuhkan waktu lebih lama untuk mencerna sehingga tubuh memperoleh energi lebih banyak. 

2. Memelihara Kesehatan Pencernaan 

Tak hanya sebagai sumber karbohidrat, ubi rebus juga bisa mendukung kesehatan pencernaan. Ubi ini mengandung serat larut untuk kesehatan usus Anda dan berguna untuk menyerap air di dalam usus. Tentu saja ini berguna untuk mengatasi masalah sembelit. Ubi rebus juga kaya akan antioksidan untuk memelihara kesehatan usus dan mencegah terjadinya diare. 

3. Mencegah Terjadinya Kanker

Ubi rebus juga memiliki sifat antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini penyebab utama kanker. Anda bisa mengkonsumsi ubi rebus untuk mencegah timbulnya kanker di dalam tubuh. Kandungan antioksidan tertinggi ada pada ubi ungu. Kalori ubi rebus yang rendah ternyata sebanding dengan segudang manfaatnya bagi tubuh. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout