Blog

apa itu endemi

Mengenal Apa Itu Endemi dan Syaratnya

Menyusul dilakukannya pelonggaran di sejumlah negara, seperti Inggris, Singapura, dan Denmark, pemerintah akan menyiapkan transisi pandemi COVID-19 menuju endemi. Apa itu endemi dan apa saja syarat dari pandemi ke endemi?

Hingga saat ini, pemerintah telah mengusulkan konsep, kriteria, dan indikator pandemi ke endemi, dan. masih disempurnakan dengan pakar dan ahli di bidangnya. Apa itu endemi dan kriteria apa saja yang harus dipenuhi? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Pandemi dan Endemi

Pandemi adalah wabah penyakit yang terjadi pada geografis yang luas atau menyebar secara global. Dikutip dari Disease Control and Prevention (CDC), Pandemi adalah epidemi yang telah menyebar di beberapa negara atau benua dan biasanya memengaruhi sejumlah besar orang. 

Sedangkan epidemi, yang juga dikutip dari Disease Control and Prevention (CDC) adalah penyakit yang mewabah suatu daerah atau populasi masyarakat tertentu. Kemunculan suatu penyakit dapat disebut sebagai endemi, jika terjadi secara konsisten dan biasa terjadi di dalam suatu area geografis atau populas tertentu. Oleh karena itu, penyakit endemi akan selalu ada di wilaya tertentu dan hidup berdampingan bersama masyarakat. Misalnya, demam berdarah dengue (DBD) dan malaria.

Perbedaan Pandemi dan Endemi

Perbedaan utama pandemi dan endemie bukan terletak ada tingkat keparahan penyakitnya, namun sejauh mana penyakit itu menyebar. Endemi adalah kehadiran konstan atau prevalensi suatu penyakit atau infeksi yang biasa terjadi dalam suatu wilayah geografis. Sedangkan pandemi merupakan epidemi yang telah menyebar di beberapa negara atau benua, serta menjangkiti banyak orang, atau epidemi yang telah menjangkiti banyak wilayah di dunia. Dengan kata lain, pandemi adalah epidemi yang lebih besar dan lebih luas.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) adalah badan yang akan mendeklarasikan suatu endemi menjadi pandemi ketika pertumbuhan penyakit eksponensial. Hal ini ditandai dengan tingkat infeksi melonjak dan setiap hari angka kasus meningkat tajam. 

Kriteria Pandemi Menjadi Endemi 

Ada beberapa indikator agar pandemi bisa turun statusnya menjadi endemi, yaitu:

  • Laju penularan virus harus kurang dari 1.
  • Angka fatality rate harus kurang dari 3 persen.
  • Angka positivity rate harus kurang dari 5 persen.
  • Tingkat perawatan di rumah sakit harus kurang dari 5 persen.
  • Level PPKM berada pada transmisi lokal tingkat 1.

Semua indikator tersebut harus terjadi dalam rentang waktu tertentu, misalnya enam bulan. Jika dilihat dari indikator tersebut, maka Indonesia masih belum bisa masuk ke dalam endemi. Oleh karena itu, pemerintah sendiri tidak akan terburu-buru dalam menurunkan status pandemi menjadi endemi.

Jika nantinya Indonesia sudah masuk dalam status endemi, maka kasus COVID-19 akan tetap ada, namun tidak akan mengganggu kehidupan manusia seperti saat pandemi. Kasus COVID-19 saat endemi tidak akan mengganggu aktivitas di berbagai sektor, seperti kehidupan sosial, kehidupan beragama, dan pariwisata.

Proses transisi perubahan pandemi menjadi endemi terus dilakukan pemerintah dan sejalan dengan kebijakan pelonggaran-pelonggaran yang sejauh ini sudah diputuskan pemerintah. Beberapa pelonggaran yang sudah dilakukan, antara lain menurunkan level PPKM menjadi level 2, menghapuskan antigen dan PCR sebagai syarat melakukan perjalanan domestik dengan menggunakan transportasi darat, laut, dan udara. Namun, persyaratan tersebut hanya berlaku untuk masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin hingga dosis kedua.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout