Blog

Manfaat Vitamin D

Manfaat Vitamin D untuk Mencegah Berbagai Penyakit

Vitamin D diperlukan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan jantung, otak, otot, serta berperan besar dalam pembentukan tulang. Manfaat vitamin D didapatkan secara alami ketika kulit terkena sinar matahari secara langsung. Bahkan, hampir sebagian besar kebutuhan vitamin D bisa terpenuhi melalui paparan sinar matahari.

Selain paparan sinar matahari, manfaat vitamin D juga bisa Anda dapatkan melalui beberapa jenis makanan, seperti kuning telur, jamur, dan ikan. Tubuh yang kekurangan vitamin D pada umumnya terjadi saat tubuh jarang terkena sinar matahari secara langsung, atau tidak efektif dalam menyerap vitamin D.

Beragam Manfaat Vitamin D

Selain berperan besar dalam pembentukan tulang, vitamin D juga bermanfaat untuk menurunkan risiko beberapa penyakit, antara lain:

  1. Kanker

Vitamin D berperan dalam mencegah kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus besar. Hal ini dikarenakan vitamin D memiliki hormon aktif yang disebut calcitriol. Hormon ini berfungsi untuk menghambat perkembangan sel kanker, mengurangi penyebaran sel kanker, serta memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker.

  1. Diabetes

Mengonsumsi Vitamin D merupakan salah satu cara menghindarkan Anda dari risiko diabetes tipe 2. Sebaliknya, kekurangan vitamin D akan berdampak pada produksi insulin dan toleransi glukosa. Penelitian menemukan bahwa asupan vitamin D yang cukup pada anak akan menghindarkan mereka dari diabetes tipe 1.

  1. Kehamilan

Asupan vitamin D yang cukup pada ibu hamil sangat penting untuk mencegah risiko preeklamsia, diabetes gestasional, vaginosis bakterialis, dan melahirkan melalui operasi caesar. Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk mendukung perkembangan janin dan pertumbuhan tulang dan giginya. Namun, pastikan agar tidak kelebihan vitamin D saat hamil karena akan meningkatkan risiko alergi makanan pada anak.

  1. Multiple sclerosis

Asupan vitamin D yang cukup juga berpengaruh pada sistem imun tubuh Anda. Menurut penelitian, orang yang kekurangan vitamin D berisiko terkena multiple sclerosis dan beberapa penyakit autoimun, seperti tiroid, arthritis, Crohn, psoriasis, serta radang usus.

  1. Depresi

Salah satu manfaat vitamin D adalah membantu perkembangan dan fungsi otak. Dengan rutin mengonsumsi vitamin D, maka risiko depresi akan menurun. Sebaliknya, jika kekurangan vitamin D, maka risiko depresi serta gangguan saraf dan otak akan meningkat.

Tips Mendapatkan Vitamin D Secara Alami

Untuk mencegah berbagai penyakit tersebut, Anda bisa mendapatkan manfaat vitamin D dari sumber-sumber alami berikut:

  1. Sinar Matahari

Salah satu cara mudah untuk mendapatkan manfaat dari vitamin D adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari. Namun, pastikan untuk tidak terlalu lama berjemur di bawah sinar matahari dan menggunakan tabir surya agar kulit tidak terbakar. Selain itu, berjemur di bawah sinar matahari juga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga banyak yang melakukannya untuk mencegah infeksi virus Covid.

  1. Makanan Kaya Vitamin D

Selain sinar matahari, cara untuk mendapatkan manfaat vitamin D lainnya adalah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D. Antara lain, telur, susu, salmon, sardin, makarel, hati sapi, jamur, minyak ikan cod, ikan tuna, dan yogurt.

Dengan rutin berjemur di bawah matahari dan mengonsumsi beragam makanan yang kaya akan vitamin D, maka tubuh Anda akan mendapatkan manfaat vitamin D dengan lebih optimal. Pastikan juga untuk rutin berolahraga agar kesehatan Anda tetap terjaga selama masa pandemi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout