7+ Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

manfaat vitamin b complex

7+ Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Kesehatan

Vitamin B kompleks adalah sejumlah nutrisi yang berperan penting bagi tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks harian, Anda bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. 

Vitamin B kompleks terkandung dalam beberapa jenis makanan, seperti telur, kacang-kacangan, sayuran, daging, serta susu dan olahannya. Berikut jenis dan manfaat vitamin B kompleks yang perlu Anda ketahui:

Jenis Vitamin B Kompleks

Berikut kandungan di dalam vitamin B kompleks dan manfaatnya untuk tubuh:

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Jenis vitamin B kompleks yang pertama adalah vitamin B1 atau tiamin. Vitamin ini berfungsi untuk meningkatkan energi dan metabolisme karbohidrat. Selain itu, juga berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel tubuh serta meningkatkan kesehatan otak, otot, dan sistem saraf. 

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Vitamin ini memiliki beragam manfaat, yaitu melindungi tubuh dari sejumlah penyakit, membantu metabolisme makanan hingga menjadi energi, serta memelihara kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf.

3. Vitamin B3 (Niasin)

Jenis vitamin B kompleks berikutnya adalah vitamin B3 atau niasin. Niasin merupakan jenis vitamin B yang berfungsi untuk membantu meningkatkan fungsi enzim, penting untuk produksi hormon dan dapat membantu menurunkan kolesterol jika perawatan sebelumnya tanpa obat tidak berhasil.

4. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin B5 atau asam pantotenat memiliki beberapa manfaat yang penting untuk membantu mencegah berbagai penyakit, antara lain, mengurangi kelelahan, mengurangi gejala alergi, serta meningkatkan fungsi sistem metabolisme dan saraf.

5. Vitamin B6 (Piridoksin)

Jenis vitamin yang satu ini mempunyai manfaat penting untuk menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Selain itu, vitamin B6 juga berfungsi untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi tubuh, membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah, dan membantu mengatasi depresi serta gejala PMS pada wanita.

6. Vitamin B7 (Biotin)

Jenis vitamin B complex ini hanya dibutuhkan dalam jumlah kecil dan berfungsi untuk membantu tubuh memecah lemak, karbohidrat, dan protein untuk diubah menjadi energi. Selain itu, biotin juga berperan dalam meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan tulang, juga rambut dan kuku. 

7. Vitamin B9 (Asam Folat)

Asam folat dibutuhkan tubuh untuk membantu produksi sel darah merah, perkembangan otak janin, sehingga mengurangi risiko kelainan otak, dan menurunkan risiko anemia. Selain itu, juga berperan dalam sistem kekebalan tubuh, serta mampu menurunkan risiko kerusakan tabung saraf pada janin.

8. Vitamin B12 (Cobalamin)

Cobalamin berperan dalam proses pembentukan sel darah merah, menjaga fungsi dan kesehatan sistem saraf, membantu sel tubuh manusia, terutama memengaruhi sintesis DNA, metabolisme asam amino, dan asam lemak. Selain itu, cobalamin juga dapat mengurangi risiko terjadinya anemia megaloblastic yang bisa menyebabkan mudah letih dan merasa lemas.

Manfaat Vitamin B Kompleks

Berikut beberapa manfaat vitamin B kompleks untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui:

1. Membantu mengurangi stress dan meningkatkan mood

Studi selama 33 hari pada 215 pria sehat menemukan bahwa pengobatan dengan vitamin B kompleks dan mineral dosis tinggi dapat meningkatkan kesehatan mental dan stres secara umum, dan meningkatkan kinerja pada tes kognitif.

2. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi

Studi menemukan bahwa pasien yang diberikan suplementasi vitamin B12, vitamin B6, dan asam folat memberikan respons anti-depresan yang meningkat dan berkelanjutan selama satu tahun dibandingkan dengan pemberian plasebo. Kekurangan kadar vitamin B tertentu, seperti vitamin B12, vitamin B6, dan asam folat, telah dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout