Manfaat Labu Siam Rebus, Nutrisi Ibu Hamil Hingga Cegah Anemia

manfaat labu siam rebus

Manfaat Labu Siam Rebus, Nutrisi Ibu Hamil Hingga Cegah Anemia

Sayur yang satu ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Ya, labu siam adalah salah satu jenis sayur yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain mudah diolah menjadi beragam masakan, seperti ditumis, dibuat sayur bening, atau sayur asam, labu siam ternyata juga memiliki banyak manfaat. Apa manfaat labu siam untuk kesehatan?

Labu siam adalah salah satu jenis sayur yang banyak disukai, karena memiliki rasa manis dan lezat, serta mudah diolah. Namun, manfaat labu siam rebus ternyata tidak kalah dengan kelezatannya. Hal ini dikarenakan labu siam mengandung beragam nutrisi. Berikut beberapa manfaat labu siam rebus untuk kesehatan.

Manfaat Labu Siam Rebus untuk Kesehatan

Labu siam dipercaya dapat menurunkan kolesterol dan berat badan, karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh, serta rendah kalori. Labu siam juga kaya akan vitamin, mineral, karbohidrat, protein, serat, folat, dan sejumlah kecil antioksidan, seperti flavonoid dan aglikon. Berikut beberapa manfaat labu siam untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Baik untuk ibu hamil

Kekurangan folat saat hamil akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan pada bayi, seperti malformasi ekstremitas, cacat tabung saraf, bahkan keguguran. Untuk memenuhi asupan folat harian, ibu hamil bisa mengonsumsi labu siam yang kaya akan folat (vitamin B9). Masukkan labu siam ke dalam menu makanan harian Anda untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

2. Menjaga kolesterol

Menurut para ahli, kolesterol tinggi bisa menyebabkan timbunan lemak di pembuluh darah, sehingga menyulitkan darah mengalir melalui arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Labu siam tidak mengandung lemak jenuh dan kolesterol, serta rendah kalori. Oleh karena itu, labu siam bisa dijadikan sebagai salah satu makanan yang baik untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap normal. 

3. Mengontrol tekanan darah tinggi

Manfaat labu siam rebus lainnya adalah membantu mengontrol tekanan darah, karena adanya sifat diuretik di dalamnya. Penelitian dalam jurnal Pharmaceutical Biology membuktikan manfaat labu siam tersebut pada hewan percobaan. Hasilnya, senyawa pada labu siam bisa membantu mengendurkan pembuluh darah, sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

4. Membantu mengatasi anemia

Tubuh yang kekurangan zat besi bisa meningkatkan risiko seseorang terkena anemia. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu memenuhi asupan zat besi dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi. Salah satu makanan yang tinggi zat besi adalah labu siam. Kandungan zat besi dalam labu siam berfungsi untuk membantu hemoglobin mengikat oksigen, sehingga bisa membantu mengatasi anemia. Oleh karena itu, konsumsi labu siam secara rutin agar terhindar dari anemia.

5. Menyehatkan tiroid

Kandungan tembaga dalam labu siam bermanfaat untuk membantu iodium dalam menjaga tiroid tetap sehat. Tiroid adalah kelenjar yang menghasilkan hormon-hormon yang mengatur metabolisme, denyut jantung, dan suhu tubuh. Kekurangan tembaga memengaruhi tiroid, serta menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti alergi, migrain, hingga depresi.

6. Menjaga kesehatan otak

Labu siam juga mengandung vitamin B6 yang  berfungsi untuk merangsang kinerja otak, meningkatkan kemampuan mengingat, serta memaksimalkan fungsi otak lainnya. Konsumsi labu siam secara rutin untuk mengurangi sifat pelupa.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout