Manfaat Daun Jambu Biji untuk Lambung: Cegah Tukak Lambung Hingga Turunkan Risiko Gastritis

manfaat daun jambu biji untuk lambung

Manfaat Daun Jambu Biji untuk Lambung: Cegah Tukak Lambung Hingga Turunkan Risiko Gastritis

Daun jambu biji dikenal sebagai obat herbal yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi diare. Selain itu, daun jambu biji ternyata bisa mengatasi beragam gangguan kesehatan lainnya, termasuk asam lambung. Apa saja manfaat daun jambu biji untuk lambung?

Kandungan beragam nutrisi dan antioksidan pada daun jambu biji menawarkan beragam manfaat untuk tubuh, salah satunya untuk lambung. Simak informasi selengkapnya mengenai manfaat daun jambu biji untuk lambung di artikel ini.

Beragam Manfaat Daun Jambu Biji untuk Lambung

Kandungan senyawa yang disebut fitokimia adalah sumber manfaat daun jambu biji. Berikut 3 manfaat daun jambu biji untuk lambung yang perlu diketahui:

  1. Mencegah risiko tukak lambung.

Penelitian menemukan bahwa kandungan flavonoid, fenol, saponin, dan minyak esensial pada daun jambu biji dapat mencegah risiko tukak lambung, yaitu luka di lapisan permukaan lambung, yang berisiko komplikasi serius jika tidak ditangani dengan tepat. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim tersebut.

2. Mengurangi risiko GERD.

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah iritasi di lapisan lambung dan kerongkongan akibat asam lambung naik dan ditandai dengan sensasi terbakar di dada. Kondisi ini dipicu oleh peradangan dan stres oksidatif akibat paparan radikal bebas. Kandungan senyawa fenolik pada daun jambu biji bersifat antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas, sehingga efektif mencegah risiko GERD. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim tersebut.

3. Menurunkan risiko gastritis.

Manfaat daun jambu biji lainnya adalah menurunkan risiko gastritis, yaitu peradangan di lapisan permukaan lambung akibat infeksi bakteri Helicobacter pylori. Sifat antibakteri dan antimikroba pada daun jambu biji efektif mencegah pertumbuhan sel bakteri di tubuh. Selain itu, senyawa pada daun jambu biji bersifat anti-inflamasi yang efektif mengontrol peradangan yang memicu gastritis. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim tersebut.

Risiko Efek Samping Daun Jambu Bji untuk Lambung

Ada beberapa risiko efek samping daun jambu biji yang perlu diantisipasi, terutama untuk Anda yang mengidap alergi tertentu atau belum pernah mengonsumsi daun jambu biji, yaitu:

  • Ruam di kulit.
  • Gatal-gatal, termasuk mulut.
  • Pembengkakan di lidah, wajah, bibir, atau bagian tubuh lain.
  • Gangguan pencernaan, misalnya diare, sakit perut, muntah, atau mual.
  • Sulit bernapas.
  • Hidung tersumbat.
  • Mengi.
  • Pusing.
  • Pingsan.

Pada kondisi yang parah, reaksi alergi akibat konsumsi daun jambu biji berisiko anafilaksis, yaitu kondisi yang memicu penyempitan saluran pernapasan dan penurunan tekanan darah yang ekstrem. Kondisi tersebut bisa membahayakan nyawa jika tidak ditangani dengan tepat. Oleh karena itu, Anda perlu segera ke dokter jika muncul gejala-gejala berikut:

  • Penurunan kesadaran.
  • Pembengkakan atau gumpalan di tenggorokan yang menyebabkan sulit bernapas.
  • Detak jantung tidak teratur.
  • Syok akibat penurunan tekanan darah ekstrem.

Meski manfaat daun jambu biji untuk lambung perlu diteliti lebih lanjut, namun tidak ada salahnya mencoba obat herbal tersebut untuk mengatasi beragam gangguan kesehatan, termasuk asam lambung. Jika Anda ingin mengonsumsi daun jambu biji untuk pengobatan asam lambung dan ada alergi tertentu, konsultasikan ke dokter, sehingga bisa dipastikan efektivitas dan keamanannya untuk kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout