Blog

Makanan yang Mengandung Vitamin E

5 Makanan yang Mengandung Vitamin E: Mampu Mencegah Berbagai Penyakit

Vitamin E adalah salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh. Vitamin E bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, serta menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit kronis. Manfaat vitamin E ditemukan dalam beragam makanan yang mengandung vitamin E.

Beberapa makanan yang mengandung vitamin E, antara lain sayuran, buah-buahan, berbagai jenis minyak sayur, daging, serta tanaman biji-bijian. Berikut akan kami bahas beberapa makanan yang mengandung vitamin E.

Beragam Makanan yang Mengandung Vitamin E

Sebagai vitamin yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, vitamin E bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Anda bisa menemukan manfaatnya dengan mengonsumsi 5 makanan yang mengandung vitamin E berikut:

  1. Biji Bunga Matahari

Meski berukuran kecil, namun biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Dalam setengah gelas kuaci biji bunga matahari, dapat mencukupi kebutuhan vitamin A hingga 82%. Kandungan vitamin E dalam biji bunga matahari bermanfaat untuk melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, mengurangi risiko kanker usus besar, mengurangi gejala diabetes, serta mencegah penyakit jantung, stroke, dan cedera tulang.

  1. Asparagus

Santapan yang mengandung vitamin E lainnya adalah asparagus. Makanan yang populer di Jepang, Amerika, dan Eropa ini menyediakan sekitar 18% dari total asupan vitamin E per hari. Beberapa manfaat asparagus, antara lain sumber penting untuk anti inflamasi yang dapat mencegah peradangan pada sel saraf motorik, sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

  1. Almond

Salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki rasa lezat dan gurih ini menyediakan kebutuhan vitamin E sebesar 26.2 miligram. Kandungan vitamin E dalam almond memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya sebagai sumber flavonoid yang tinggi jika dimakan dengan kulitnya. Flavonoid dipercaya mampu mencegah semua jenis penyakit yang berhubungan dengan kerusakan sel-sel sehat akibat oksidasi oksigen. Selain itu, almond juga berfungsi untuk mencegah efek penuaan dini pada kulit dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Bayam

Bayam dapat memenuhi kebutuhan vitamin E sebanyak 41.4 miligram per hari. Dengan kandungan flavonoid dan karotenoid yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan, bayam memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Antara lain, mencegah penyakit yang berhubungan dengan stres oksidatif atau pembuluh darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan lutein dan zeaxantin dalam bayam juga berfungsi untuk menunjang kerja sistem antioksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan mata, terutama retina.

  1. Udan

Selain sebagai sumber protein yang baik, udang ternyata juga termasuk makanan yang mengandung vitamin E. Mengonsumsi udang dapat memenuhi kebutuhan vitamin E harian sebesar 18%. Kandungan vitamin E dalam udang berfungsi untuk mencegah penyakit jantung dan penyakit degeneratif. Selain itu, kandungan antioksidan yang disebut astaxanthin dalam udang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan peradangan.

Dampak Kekurangan Vitamin E

Gejala-gejala tubuh yang kekurangan vitamin E pada umumnya tidak terlalu signifikan. Namun, dampak kekurangan vitamin E dapat menunjukkan gejala-gejala yang signifikan pada orang yang memiliki gangguan pencernaan dan penderita gangguan penyerapan lemak, seperti penyakit celiac, cystic fibrosis, dan penderita pankreatitis akut. Beberapa gejala tubuh kekurangan vitamin E, antara lain sistem imun tubuh menurun, kehilangan kendali gerakan tubuh (Ataxia), kerusakan pada retina mata yang mengakibatkan kerusakan penglihatan (Retinopati), dan kerusakan saraf perifer di tangan atau kaki yang menyebabkan nyeri (Neuropati perifer).

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout