Blog

makanan yang mengandung vitamin C

7 Makanan yang Mengandung Vitamin C untuk Kesehatan Tubuh

Asupan vitamin C yang cukup memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari melindungi tubuh dari serangan penyakit, hingga menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian, Anda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C secara rutin.

Ada banyak makanan yang mengandung vitamin C. Namun, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi sumber alami vitamin C, yaitu buah-buahan dan sayuran. Berikut beberapa buah dan sayuran tinggi vitamin C yang perlu Anda ketahui. 

Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh orang dewasa adalah sebanuak 75-90 mg per hari. Agar tercukupi, Anda perlu mengonsumsi beragam makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah-buahan berikut:

  1. Jeruk

Tahukah Anda, dalam satu buah jeruk mengandung sekitar 70 miligram vitamin C. Dengan mengonsumsi satu buah jeruk, Anda dapat mencukupi kebutuhan vitamin C per harinya. Selain dimakan secara langsung, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk jus jeruk. Jus jeruk mengandung sekitar 125 miligram vitamin C.

  1. Pepaya

Mengonsumsi sekitar 150 gram pepaya setara dengan 90 miligram asupan vitamin C harian. Selain berperan sebagai antioksidan, pepaya juga berkhasiat untuk menyehatkan saluran pencernaan, mencegah kanker dan demensia, serta memperkuat sistem imun tubuh.

  1. Stroberi

Dalam satu mangkuk atau 150 gram buah stroberi mengandung 90 miligram vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh. Stroberi kaya akan antioksidan yang disebut antosianin. Antosianin berfungsi untuk meningkatkan kadar kolesterol baik di dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung.

  1. Cabai Merah

Makanan yang mengandung vitamin C berikutnya adalah cabai merah. Banyak yang menyangka buah yang satu ini sebagai sayur. Padahal, cabai merah termasuk buah yang kaya akan vitamin C. Dalam satu cangkir atau sekitar 80 gram cabai, mengandung 100 miligram vitamin C. Jumlah ini setara dengan kandungan yang terdapat pada paprika, sumber vitamin C lainnya.

Sayuran dengan Kandungan Vitamin C Tinggi

Selain buah-buahan, vitamin C juga bisa didapatkan dari sayuran. Berikut beberapa sayuran yang kaya akan vitamin C:

  1. Brokoli 

Sebagai salah satu makanan yang mengandung vitamin C tinggi, brokoli dapat memenuhi asupan vitamin C harian Anda. Dalam satu mangkok brokoli, mengandung sekitar 80 miligram vitamin C. Meski kandungan vitamin C sedikit berkurang ketika dimasak, namun brokoli tetap dapat memenuhi kebutuhan vitamin C Anda.

  1. Kembang Kol

Makanan yang mengandung vitamin C berikutnya adalah kembang kol. Meski sekilas mirip dengan brokoli, namun kandungan vitamin C dalam kembang kol tidak setinggi brokoli. Dalam satu mangkok kembang kol mentah, mengandung sekitar 50 miligram vitamin C.

  1. Bayam

Dalam satu mangkok atau 30 gram bayam, mengandung 8,5 miligram vitamin C. Meski kandungannya tidak setinggi brokoli dan kembang kol, namun bayam mengandung beragam nutrisi penting lainnya. Antara lain, vitamin A, vitamin K, kalium, zat besi, dan folat.

Dampak dari Kekurangan Vitamin C

Kekurangan vitamin C pada umumnya disebabkan oleh jarang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, seperti buah dan sayuran, serta gangguan dalam penyerapan vitamin C di dalam tubuh. Beberapa gejala jika tubuh kekurangan vitamin C, antara lain tubuh mudah lelah, luka sulit sembuh, masalah kulit, sistem imun tubuh lemah, nyeri sendi, dan berat badan naik. Hindari gejala-gejala tersebut dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, serta rutin berolahraga.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout