Blog

makanan yang dilarang untuk ibu hamil

6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Bisa Picu Masalah Lho!

Tahukah Anda? Terdapat beberapa makanan yg dilarang untuk ibu hamil, di mana jika dikonsumsi bisa memicu masalah besar lho! Untuk menambah wawasan Anda, berikut berhasil kami rangkum beberapa jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil demi kesehatan janin.

1. Makanan laut bermerkuri tinggi

Meskipun lezat, beberapa makanan laut seperti ikan todak, hiu, tenggiri, kerang dan tuna merupakan beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk ibu hamil karena mengandung merkuri yang sangat tinggi. 

Saat dikonsumsi secara berlebihan, merkuri bisa mengakibatkan ibu hamil mengalami kerusakan pada saraf, ginjal hingga mengganggu sistem kekebalan tubuh. Buruknya, merkuri juga bisa mengakibatkan kecacatan dan gangguan pertumbuhan pada janin. Untuk itu, ada baiknya ibu hamil menghindari makanan satu ini.

2. Susu dan keju yang belum dipasteurisasi

Untuk Anda yang belum tahu, pasteurisasi adalah suatu proses pemanasan yang berguna untuk membunuh bakteri dalam minuman maupun makanan tanpa merusak kandungan nutrisi didalamnya. Untuk itu, sebaiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi susu atau keju yang belum melewati proses satu ini.

Hal ini berguna untuk menghindari produk susu yang mengandung bakteri dan membantu menjaga kesehatan janin yang Anda nantikan selama ini.

3. Daging mentah atau kurang matang

Selain makanan laut, ibu hamil juga harus waspada terhadap daging mentah. Terkhusus daging yang tidak dimasak hingga matang sempurna. Makanan yg dilarang untuk ibu hamil ini bisa mengandung kuman berbahaya apabila dimakan dalam keadaan kurang matang.

Saat masuk  kedalam tubuh ibu hamil, semua kuman dan bakteri jahat tersebut bisa menimbulkan penyakit seperti listeria yang sangat berisiko terhadap janin dan ibu sendiri.

4. Ikan mentah atau kurang matang

Jika Anda termasuk penggemar sushi, ada baiknya untuk mulai menghindari makanan satu ini ketika hamil. Faktanya, mengkonsumsi ikan atau kerang mentah dan belum dimasak hingga benar-benar matang akan meningkatkan risiko infeksi pada ibu hamil.

Namun Anda tetap bisa mengkonsumsinya dengan catatan semua bahan makanan tersebut dimasak hingga matang sempurna.

5. Telur mentah

Mungkin banyak yang belum tahu, faktanya telur mentah dan segala jenis makanan yang dibuat darinya sangat berisiko terkontaminasi bakteri salmonella. Salah satu jenis makanan olahan dari telur mentah yang paling diminati ialah mayones.

Nah, bakteri salmonella terbukti bisa menyebabkan infeksi diare, demam, kram perut hingga muntah-muntah pada ibu hamil. Lebih buruk lagi, kram perut yang diakibatkan infeksi ini bahkan bisa mengakibatkan kelahiran prematur. Untuk itu, pastikan Anda tetap waspada selama masa kehamilan ya.

6. Sayuran dan buah yang tidak dicuci

Jangan abaikan anjuran mencuci sayur dan buah sebelum dikonsumsi.  Pasalnya kuman dan parasit yang menempel pada sayur atau buah bisa mengakibatkan infeksi. Jenis parasit yang sangat berbahaya untuk ibu hamil ialah toxoplasma, dimana bisa mengakibatkan gangguan otak pada janin hingga kebutaan.

Itulah beberapa jenis makanan yg dilarang untuk ibu hamil, pastikan Anda selalu berhati-hati dalam memilih makanan demi menjaga kesehatan janin dan diri Anda sendiri.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout