Blog

6 Makanan yang Banyak Mengandung Serat untuk Menghindari Sembelit

Makanan yang Banyak Mengandung Serat untuk Menghindari Sembelit Adalah – Sembelit atau juga kadang disebut susah BAB (buang air besar) merupakan suatu kondisi yang umum terjadi pada siapa pun. Untuk mengatasi sembelit ini sebenarnya tidak harus menggunakan obat-obatan. Cukup mengonsumsi makanan tertentu, masalah sembelit bisa diatasi dengan mudah.

Faktor-faktor Terjadinya Sembelit

Munculnya sembelit bisa terjadi karena beberapa faktor. Secara umum, bisa itu dikarenakan kurang minum air putih, pola makan yang sangat buruk, bahkan hingga jarang bergerak. Dari semua faktor yang disebabkan, kebanyakan karena faktor makanan.

Apabila sembelit ini tidak segera diatasi, maka bisa mengganggu kesehatan si penderita itu sendiri. Bahkan, bukan tidak mungkin bisa menyebabkan komplikasi yang lebih parah. Untuk bisa mencegah hal tersebut, maka harus menggunakan pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan berserat.

Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Serat untuk Mengatasi Sembelit

Berbicara tentang makanan berserat, masih banyak yang mengira kalau jenis makanan ini pasti sayuran. Namun, faktanya masih banyak jenis lainnya yang mengandung serat tinggi. Khususnya makanan tersebut bisa mengatasi sembelit. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut.

1. Apel

Ya, buah apel termasuk makanan yang mengandung serat tinggi. Di dalam apel sendiri terkandung jenis serat yang larut dalam air. Serat tersebut dinamakan pektin. Saat apel sudah mencapai usus, zat pektin ini akan diubah menjadi asam lemak rantai pendek. Hal itu bisa menarik air ke dalam usus besar sehingga tinja menjadi lunak. Ditambah lagi, pektin ini juga bisa meningkatkan gerakan usus sehingga tinja bisa keluar lebih cepat.

2. Berbagai jenis sayuran hijau

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa sayuran hijau mengandung banyak serat yang baik. Contoh beberapa sayuran hijau tersebut adalah bayam, brokoli, dan juga kubis. Serat yang ada di dalam sayuran hijau tersebut bisa menambah volume hingga melunakkan tinja. Dengan begitu, tinja bisa keluarkan dengan mudah melalui usus.

3. Roti gandum

Ada jenis roti yang ternyata memiliki serat tinggi, yakni roti gandum utuh. Roti tersebut memiliki serat dan juga karbohidrat kompleks. Hal itu juga bisa melunakkan tinja dan bebas dari sembelit. Kamu bisa membeli roti gandum utuh melalui kemasan di supermarket atau tempat belanja makanan lainnya. Perlu diperhatikan, pastikan kandungan gandum dalam roti tersebut adalah 100%.

4. Pepaya

Buah pepaya juga sudah lama dianggap sebagai makanan untuk mengatasi sembelit masalah pencernaan lainnya. Hal itu memang benar karena di dalam pepaya terdapat zat bernama enzim papain. Zat tersebut banyak ditemukan pada buah pepaya yang sudah matang.

Enzim papain ini bisa membantu mencerna protein yang sudah masuk ke dalam tubuh. Enzim ini juga sering digunakan agar bisa melunakkan daging. Di dalam pepaya juga sangat kaya dengan serat dan juga kandungan air. Kedua hal tersebut bisa mencegah terjadinya sembelit dan bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

5. Kiwi

Buah kiwi memiliki serat yang juga banyak. Untuk kiwi dengan ukuran sedang atau sekitar 69 gram terdapat serat sebanyak 2 gram. Kiwi bisa merangsang pergerakan di saluran pencernaan sehingga tinja dapat terdorong sampai keluar. Tidak jauh berbeda dengan apel, pada kiwi juga bisa memperbaiki sembelit, penggunaan pencahar menjadi berkurang, dan juga bisa mempercepat waktu cerna di dalam usus.

6. Kacang-kacangan

Makanan terakhir yang memiliki serat adalah kacang-kacangan. Contohnya pada kacang hitam memiliki 7,5 gram serat di dalam setengah cangkir atau sekitar 86 gram. Sedangkan untuk jenis kacang navy yang sudah matang terkandung 9,5 gram serat dalam setengah cangkir atau sekitar 91 gram.

Demikian beberapa jenis makanan berserat untuk menghindari sembelit. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout