Blog

cara mengatasi pusing

Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Pusing yang Efektif

Pusing adalah kondisi yang umum dialami. Meski tidak berbahaya, namun pusing terus-menerus bisa memicu ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas. Ketahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi pusing secara alami.

Pusing disebabkan oleh beragam faktor, misalnya stres yang tidak dikelola dengan tepat, konsumsi kafein berlebih, atau kurang tidur. Untuk mengurangi gejala pusing, ketahui beragam cara mengatasi pusing berikut.

Beragam Cara Mengatasi Pusing Secara Alami

Mengubah kebiasaan adalah cara mengatasi pusing yang efektif. Berikut pola hidup sehat yang perlu dilakukan untuk mencegah pusing:

1. Mencukupi cairan tubuh

Pusing bisa disebabkan oleh dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Jika tubuh dehidrasi, pusing akan semakin parah. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air putih. 

2. Membatasi konsumsi alkohol, kafein, dan garam

Cara mengatasi pusing berikutnya adalah membatasi asupan alkohol, kafein, dan garam. Ketiganya bersifat diuretik atau mendorong keinginan untuk buang air kecil, sehingga mengurangi banyak cairan tubuh. Kurangnya cairan tubuh berisiko memperparah pusing. Selain itu, Anda dianjurkan untuk berhenti merokok, karena zat-zat di rokok berisiko memperparah pusing yang dialami.

3. Mengonsumsi camilan sehat

Pusing mungkin dipicu oleh tidak tercukupinya asupan gula darah akibat melewatkan waktu makan. Untuk mengurangi pusing, Anda perlu meningkatkan gula darah dan energi dengan mengonsumsi camilan sehat, misalnya dark chocolate, pisang, atau telur rebus.

4. Menghentikan atau mengganti obat

Penggunaan obat yang diberikan oleh dokter mungkin memicu pusing yang dialami. Oleh karena itu, Anda bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui apakah bisa menghentikan obat atau menurunkan dosis untuk mengurangi pusing.

5. Rutin berolahraga

Jika Anda merasa pusing terus-menerus, berolahraga adalah cara yang efektif untuk mengatasinya. Olahraga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, misalnya memperlancar aliran darah, meningkatkan daya tahan tubuh, dan merilekskan tubuh. Semua manfaat tersebut berkontribusi untuk mengurangi gejala pusing. Untuk hasil yang optimal, Anda sebaiknya berolahraga secara rutin. 

6. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup setidaknya 6-8 jam setiap hari adalah cara mengatasi pusing yang bisa Anda terapkan. Tidak hanya pusing, kurang tidur memicu keluhan-keluhan lain, misalnya emosi tidak terkontrol, daya tahan tubuh lemah, dan kualitas hidup menurun.

Jika pusing tidak menghilang setelah menerapkan cara-cara di atas, atau bahkan disertai dengan gejala-gejala lain, misalnya sesak napas atau nyeri dada, konsultasikan ke dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Penyebab Pusing

Untuk mengatasi pusing, Anda perlu mengetahui faktor pemicunya. Berikut faktor-faktor yang bisa memicu pusing:

  • Kekurangan zat besi atau anemia.
  • Penggunaan obat-obatan, misalnya antidepresan dan obat anti kejang.
  • Gangguan saraf, misalnya multiple sclerosis dan penyakit Parkinson.
  • Gangguan kecemasan.
  • Perubahan cuaca yang ekstrem.
  • Hipoglikemia atau kekurangan gula darah.
  • Minum alkohol berlebihan.
  • Minum kafein berlebihan.
  • Kebiasaan merokok.

Gejala Pusing

Gejala pusing bisa bervariasi, tergantung penyebabnya. Namun, pusing ditandai dengan gejala-gejala umum berikut:

  • Kliyengan.
  • Sensasi melayang atau ketidakseimbangan.
  • Lingkungan sekitar seolah berputar.

Pusing bisa muncul tiba-tiba dan hilang secara perlahan atau berlangsung singkat, namun terus-menerus. Kondisi ini bisa memburuk ketika pengidapnya berdiri, berjalan, duduk, atau menggerakkan kepala.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout