Ketahui Pengertian dan Manfaat Berpikir Kritis

Ketahui pengertian dan manfaat berpikir kritis

Ketahui Pengertian dan Manfaat Berpikir Kritis

Berpikir kritis adalah kemampuan yang perlu dimiliki oleh setiap orang untuk berkembang ke arah yang lebih baik. Lalu, apa itu berpikir kritis? Berpikir kritis adalah istilah yang menggambarkan kemampuan berpikir secara rasional agar bisa memahami hubungan antara ide atau fakta.

Berpikir kritis memiliki beragam manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, memungkinkan Anda memecahkan masalah atau memudahkan Anda mengambil keputusan. Simak informasi selengkapnya mengenai pengertian dan manfaat berpikir kritis di artikel ini.

Pengertian Berpikir Kritis

Dikutip dari buku Berpikir Kritis & PBL yang ditulis oleh Lilis Lismaya (2019), berpikir kritis adalah kemampuan yang dibutuhkan dalam beragam bidang pendidikan, misalnya pendidikan di sekolah hingga universitas, dunia kerja, dan politik.

Dengan berpikir kritis, Anda bisa menganalisis, mempertimbangkan, dan memecahkan masalah. Meski demikian, berpikir kritis yang baik adalah kemampuan yang tidak dimiliki oleh semua orang. 

Manfaat Berpikir Kritis

Ada beragam faktor yang bisa menghambat seseorang untuk berpikir kritis, misalnya informasi palsu, asumsi, bias, atau emosi. Oleh karena itu, penting untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dengan melakukan beragam cara, seperti mengikuti diskusi mengenai topik tertentu, membaca buku, atau menonton film dokumenter.

Berpikir kritis memiliki beragam manfaat untuk kehidupan sehari-hari, yaitu:

  1. Meningkatkan kreativitas

Ketika Anda berpikir kritis, Anda bisa mendapatkan ide-ide baru dan peluang-peluang yang menarik. Selain itu, Anda bisa menemukan solusi-solusi yang tidak terpikirkan sebelumnya untuk mengatasi masalah yang dihadapi.

2. Lebih mudah menyelesaikan masalah

Berpikir kritis memungkinkan Anda untuk melihat masalah dari beragam sudut pandang, sehingga bisa menemukan alternatif terbaik. Selain itu, berpikir kritis dapat mencegah seseorang melakukan kesalahan-kesalahan yang didasari oleh emosi atau kepanikan.

3. Mengukur potensi diri

Manfaat berpikir kritis berikutnya adalah membantu seseorang untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya. Berpikir kritis juga memungkinkan Anda untuk mengevaluasi hasil kerja secara rasional, sehingga bisa meningkatkan performa yang kurang.

4. Mampu berkomunikasi dengan baik

Kebiasaan berpikir kritis memungkinkan Anda untuk mendengarkan dan memahami perspektif orang lain. Selain itu, ketika berpikir kritis, Anda bisa belajar menyampaikan pendapat atau argumen secara jelas dan logis.

5. Terhindar dari hoaks

Terhindar dari hoaks adalah manfaat berpikir kritis yang penting lainnya. Ketika berpikir kritis, Anda bisa menyaring semua informasi yang tersebar di internet atau media sosial. Selain itu, ia bisa membedakan fakta dan opini, serta menemukan sumber-sumber informasi yang terpercaya.

6. Siap menghadapi tantangan hidup

Berpikir kritis juga memungkinkan Anda untuk lebih kuat dan mandiri dalam menghadapi permasalahan hidup di sekitar Anda. Selain itu, Anda bisa beradaptasi dengan situasi di sekitar yang berubah-ubah.

Kemampuan berpikir kritis memungkinkan Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Namun, agar bisa berpikir kritis, diperlukan proses dan konsistensi. Jika Anda sulit untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, diskusikan dengan psikolog untuk diberikan saran dan rekomendasi yang sesuai kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout