Blog

Ketahui Obat Batuk Anak Berdahak Alami

Ketahui Obat Batuk Anak Berdahak Alami

Daya tahan tubuh anak yang masih lemah membuat mereka rentan mengalami masalah kesehatan, salah satunya batuk berdahak. Kondisi ini biasanya disebabkan karena infeksi virus atau bakteri dan alergi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat batuk anak berdahak alami. 

Penggunaan obat-obatan pada anak usia di bawah 6 tahun sebenarnya tidak dianjurkan. Oleh karena, Anda bisa memilih cara yang lebih aman dengan menggunakan obat batuk anak berdahak alami berikut.

Pilihan Obat Batuk Anak Berdahak

Untuk mengurangi batuk berdahak, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Madu

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu berkhasiat untuk mengatasi batuk dibandingkan obat yang mengandung dextromethorphan. Selain itu, madu efektif mengurangi kesulitan tidur pada anak karena infeksi pada saluran pernapasan atas. Untuk mendapatkan manfaat madu sebagai obat batuk berdahak, cukup campurkan dua sendok teh madu dan lemon atau air hangat. Anda juga bisa memberikan madu secara langsung kepada anak atau digunakan sebagai selai pada roti tawar. 

Namun, penggunaan madu untuk mengatasi batuk berdahak tidak dianjurkan pada bayi usia di bawah 12 bulan, karena bisa berisiko menyebabkan botulisme, yaitu keracunan yang bisa membahayakan nyawa.

2. Istirahat yang cukup

Memastikan anak mendapatkan istirahat yang cukup juga bisa menjadi cara mengurangi batuk berdahak. Istirahat yang cukup bermanfaat untuk membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anak, sehingga dapat melawan virus yang menyebabkan berbagai penyakit.

3. Uap

Menggunakan uap juga merupakan obat batuk anak berdahak yang efektif. Caranya, rebus air hingga mendidih, lalu masukkan ke dalam wadah. Setelah itu, gunakan uapnya untuk dihirup anak selama sekitar 20 menit. Uap berfungsi untuk mengencerkan dahak, melegakan tenggorokan, dan membantu anak bernapas lebih mudah.

4. Melembapkan udara

Untuk mengurangi batuk berdahak pada anak, Anda juga perlu memastikan kelembapan udara di rumah. Udara yang lembap berfungsi untuk melegakan pernapasan dan mengencerkan lendir. Anda bisa menggunakan humidifier atau pelembap udara untuk mengatasi gejala batuk berdahak.

5. Jus lemon hangat

Memberikan anak jus lemon hangat dapat membantu meringankan gejala batuk berdahak pada anak. Hal ini dikarenakan lemon berkhasiat untuk menyembuhkan infeksi pada saluran pernapasan dan mengatasi pilek. 

Anda bisa memberikan jus lemon hangat sebanyak satu sendok teh setiap tiga jam sekali. Selain itu, berikan juga air hangat kepada anak untuk mengimbangi lemon yang mungkin berisiko melukai tenggorokan yang sakit akibat batuk berdahak.

6. Obat resep dokter

Jika cara-cara di atas belum efektif, Anda bisa menggunakan obat-obatan untuk mengobati batuk berdahak pada anak. Namun, pastikan Anda tidak menggunakan sembarang obat dan mengikuti anjuran dokter mengenai obat-obatan yang bisa digunakan oleh anak. 

Jika Anda sudah melakukan berbagai obat batuk anak berdahak di atas, namun batuk berdahak tidak kunjung sembuh, segera hubungi dokter.

Selain itu, Anda perlu membawa anak ke dokter jika batuk berdahak disertai dengan beberapa gejala, seperti, demam, kesulitan bernapas, atau adanya perubahan warna pada lidah, bibir, dan wajah. Hal ini dikarenakan batuk berdahak yang terus-menerus bisa menjadi gejala penyakit lain, seperti tuberkulosis, bronkitis, dan radang paru-paru.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout