Kenapa Telinga Berdengung? Ternyata Ini Penyebabnya!

kenapa telinga berdengung

Kenapa Telinga Berdengung? Ternyata Ini Penyebabnya!

Tinnitus atau telinga berdengung memang bisa terasa sangat mengganggu. Hanya saja, sebenarnya apa saja ya alasan kenapa telinga berdengung? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak dulu daftar dan penjelasannya berikut ini!

Penyebab Telinga Berdengung

1. Terpapar Suara Kencang

Sering kali, telinga berdengung berkaitan dengan masalah gangguan pendengaran yang diakibatkan kebisingan, alias noise-induced hearing loss. Pasalnya, paparan terhadap suara kencang atau kebisingan yang terjadi terus-menerus bisa mengakibatkan kerusakan pada koklea, yaitu organ telinga dalam.

Masalah ini juga sering terjadi pada seseorang dengan profesi tertentu. Misalnya pilot, musisi, atau kuli bangunan yang sehari-hari terpapar suara keras. Tak hanya itu saja, suara yang sangat keras juga bisa mengakibatkan tinnitus walaupun terjadi hanya sekali. Contohnya suara ledakan bom.

2. Terjadi Infeksi Telinga

Infeksi telinga atau otitis media juga bisa jadi penyebab kenapa telinga berdengung. Pasalnya, infeksi telinga mengakibatkan perubahan tekanan di dalam telinga, yang kemudian mengakibatkan telinga jadi berdengung. Penanganan dokter penting untuk mengatasi masalah ini.

3. Adanya Tumpukan Kotoran di Telinga

Perubahan tekanan di dalam telinga juga bisa diakibatkan oleh adanya sumbatan karena kotoran telinga. Untuk mencegah agar hal ini tidak terjadi, bersihkan telinga Anda secara rutin. Selain itu, pastikan bahwa Anda juga menggunakan teknik yang tepat ketika membersihkan telinga, contohnya teknik irigasi telinga.

4. Penyakit Tertentu

Telinga berdengung juga bisa disebabkan oleh adanya kondisi atau penyakit tertentu. Beberapa contohnya seperti penyakit kardiovaskular alias jantung dan pembuluh darah, gangguan tulang pendengaran, hipertensi, cedera di leher atau kepala, tumor jinak di saraf pendengaran, gangguan telinga atau rahang, hingga penyakit Meniere. 

5. Usia Lanjut

Seperti yang sudah Anda ketahui, bertambahnya usia juga mengakibatkan penurunan daya pendengaran. Dalam hal ini, telinga berdengung dipicu oleh penurunan daya peka saraf pendengaran, yang umum terjadi seiring dengan bertambahnya usia.

Kondisi tersebut disebut dengan istilah prebiskusis, dan biasanya terjadi begitu seseorang menginjak usia 75 tahun. Beberapa gejalanya yang umum adalah penurunan kemampuan pendengaran yang diikuti dengan telinga berdengung.

Mencegah Telinga Berdengung

Setelah mengetahui apa saja alasan kenapa telinga berdengung, lantas apakah ada langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kondisi ini? Tentu saja ada terutama untuk penyebab yang dipicu kebiasaan atau gaya hidup, seperti:

  • Memakai pelindung telinga ketika beraktivitas dekat sumber suara yang bising atau sangat kencang. Misalnya di ruangan dengan mesin yang menyala, lokasi konstruksi bangunan, konser musik, atau studio musik.
  • Mengistirahatkan telinga setiap 1 jam ketika menggunakan earphone dan hindari mengenakan earphone dengan volume full dalam waktu lama. Idealnya, volume ketika mengenakan earphone tidak lebih dari 60 persen.
  • Berolahraga rutin dan atur pola makan untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

Itu dia rangkuman penjelasan tentang alasan kenapa telinga berdengung.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout