Kenapa Telinga Berdenging? Kenali Penyebab Tinnitus!

kenapa telinga berdenging

Kenapa Telinga Berdenging? Kenali Penyebab Tinnitus!

Kenapa telinga berdenging? Kondisi ini dikenal dengan tinnitus atau sensasi bunyi yang dirasakan oleh seseorang tanpa adanya sumber bunyi eksternal. Jika Anda ingin mengetahui penyebab pastinya, bisa langsung konsultasi ke dokter agar tidak menduga-duga untuk mendapatkan perawatan segera. 

1. Paparan Kebisingan

Tingginya intensitas paparan kebisingan secara berulang-ulang atau dalam jangka waktu yang lama juga dapat mengakibatkan sel-sel dalam telinga rusak. Hal itu pula yang menyebabkan munculnya denging meskipun tanpa sumber suara eksternal yang disebut tinnitus.

Kondisi ini juga dapat dialami oleh Anda yang kerap kali menggunakan earphone atau alat serupa lainnya. Jika mengalaminya, Anda direkomendasikan untuk segera berkonsultasi ke dokter ahli agar tidak terlambat melakukan penanganan. 

2. Kerusakan Telinga Dalam

Gangguan pada bagian telinga dalam seperti kerusakan sel-sel rambut di koklea juga bisa menjadi penyebab telinga berdenging. Koklea sendiri merupakan bagian telinga dalam yang berperan dalam mendeteksi suara. Oleh karena itu Anda disarankan untuk segera menghubungi dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Apabila terjadi dalam jangka waktu lama dengan penanganan yang terlambat, dikhawatirkan semakin memperburuk kondisinya. Anda bahkan terancam kehilangan fungsi indra pendengaran selamanya.

3. Usia

Penyebab kenapa telinga berdenging juga dapat terjadi karena usia yang semakin bertambah. Seperti yang diketahui bahwa seiring bertambahnya usia, seluruh fungsi tubuh akan menurun, termasuk telinga. Oleh karena itu gangguan tinnitus ini lebih umum dialami orang tua yang usianya telah lanjut. Proses alami penuaan dapat mempengaruhi fungsi telinga. 

4. Cedera Telinga

Cedera yang terjadi pada telinga atau kepala juga dapat memicu gangguan tinnitus. Hindari menarik telinga terlalu keras dengan alasan apapun karena mampu membahayakan fungsi telinga. Jadi, apabila anak Anda sering diberikan hukuman dengan cara menarik telinga, hentikan tindakan tersebut segera. 

5. Infeksi Telinga

Infeksi telinga atau infeksi saluran pernapasan atas dapat menyebabkan peradangan yang mempengaruhi fungsi telinga dan menyebabkan tinnitus. Hal ini bisa terjadi akibat Anda membersihkan telinga terlalu sembarang sehingga mengakibatkan infeksi. Apalagi saat telinga kemasukan air laut yang mana pasir laut juga ikut masuk. Pembersihan dengan cara yang tepat sangat dibutuhkan untuk menghindari infeksi dan gangguan telinga. 

6. Akumulasi Telinga Sekresi

Kumpulan lilin atau sekresi di dalam telinga dapat mempengaruhi pendengaran dan menyebabkan sensasi berdenging. Bersihkan telinga secara rutin dengan cara yang tepat agar tidak terdapat kumpulan sekresi. 

7. Stres dan Kecemasan

Kondisi telinga berdenging juga dapat diakibatkan oleh stres dan kecemasan yang dialami seseorang. Stres kronis dapat mempengaruhi persepsi sensorik dan meningkatkan sensitivitas terhadap sensasi tinnitus. Jadi, pastikan Anda mengelola stres dan kecemasan dengan baik agar terhindar dari masalah kenapa telinga berdenging yang berkepanjangan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout