Kenapa Sering Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Kenapa Sering Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Kenapa Sering Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Meski dianggap tidak berbahaya, sakit kepala terus-menerus dalam jangka panjang perlu diwaspadai sebagai kondisi medis yang lebih serius. Apa yang menyebabkan seseorang sering sakit kepala dan bisakah disembuhkan?

Sakit kepala berkepanjangan bisa bersifat murni atau bukan gejala penyakit, namun ada juga sakit kepala yang merupakan gejala penyakit. Lalu, kenapa seseorang sering sakit kepala dan bagaimana cara mengobatinya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Alasan Kenapa Sering Sakit Kepala?

Hingga saat ini, penyebab sakit kepala yang bukan gejala penyakit tidak diketahui secara pasti. Sedangkan, sakit kepala yang menjadi gejala penyakit bisa disebabkan oleh beragam faktor, seperti peradangan, penyakit yang berkaitan dengan otak, atau infeksi. Berikut sejumlah jenis sakit kepala yang sering dikeluhkan:

1. Sakit kepala tegang kronis

Cirinya yaitu sakit kepala yang luar biasa pada dua sisi dengan intensitas ringan hingga menengah. Sakit kepala kronis bisa muncul tanpa adanya pemicu. Pada beberapa kasus, pengidap menjadi lebih sensitif kepalanya ketika disentuh.

2. Migrain kronis

Sakit kepala ini biasanya dialami oleh orang yang memiliki riwayat migrain. Cirinya berupa sakit kepala pada satu atau dua sisi dengan intensitas menengah hingga parah. Selain itu, migrain yang tergolong kronis biasanya disertai dengan keluhan lain, seperti perut terasa mual dan sensitivitas yang berlebihan terhadap suara dan cahaya.

3. Sakit kepala yang baru dan terus-menerus

Jenis sakit kepala ini muncul secara tiba-tiba. Ciri-cirinya, yaitu sakit kepala yang luar biasa dengan intensitas ringan hingga menengah, tidak memiliki pemicu, dan berlangsung selama tiga hari pada serangan pertama.

4. Sakit kepala berulang

Sakit kepala ini disebabkan oleh terlalu banyak menggunakan obat pereda nyeri. Selain itu, mengonsumsi obat pereda nyeri dalam jangka panjang, namun dihentikan secara mendadak, bisa berisiko menimbulkan sakit kepala berulang.

5. Sakit kepala karena peningkatkan tekanan pada rongga kepala

Sakit kepala ini disebabkan karena kondisi medis, seperti penyakit yang berkaitan dengan otak, sehingga berisiko meningkatkan tekanan pada kepala. Ciri-cirinya berupa sakit kepala yang muncul tiba-tiba dengan intensitas parah dan disertai dengan keluhan lain, seperti kejang-kejang, penglihatan terganggu, dan muntah.

6. Sakit kepala karena usia lanjut

Sakit kepala karena usia lanjut menyerang orang yang berusia di atas 60 tahun. Sakit kepala ini disebabkan oleh beragam faktor, seperti glaukoma, psikologis, atau penyakit yang berkaitan dengan pembuluh  darah.

Pengobatan Sakit Kepala

Seperti halnya berbagai jenis sakit kepala lain, dibutuhkan pemeriksaan secara menyeluruh untuk memastikan penyebab sakit kepala berkepanjangan. Hal ini dikarenakan faktor penyebabnya bisa beragam. Dengan mengetahui penyebabnya, maka pengobatan sakit kepala menjadi lebih efektif. 

Selain itu, dokter akan meminta riwayat sakit kepala yang pernah Anda alami. Namun, jika penyebabnya belum ditemukan, akan dilakukan MRI atau CT-scan oleh dokter. Agar lebih optimal, dokter umumnya bekerjasama dengan spesialis, misalnya psikiater atau neurolog, untuk memastikan penyebabnya dan menentukan diagnosa.

Jangan abaikan sakit kepala terus-menerus. Segera konsultasikan ke dokter jika sakit kepala tidak kunjung sembuh. Selain itu, pencegahan sakit kepala yang bisa dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, seperti tidur yang cukup dan rutin berolahraga.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout