Kenapa Kuping Berdengung? Kenali 4 Penyebabnya!

perempuan sakit telinga berdengung merah

Kenapa Kuping Berdengung? Kenali 4 Penyebabnya!

Pernah alami kondisi kuping tiba-tiba berdengung? Kenapa kuping berdengung, ya? Hampir semua orang pasti pernah mengalami hal serupa, dan menimbulkan beragam tanya. Jangan khawatir, kondisi ini normal.

Lantas, bagaimana kondisi tersebut bisa terjadi dan apa pemicu nya? Mari simak penjelasannya berikut ini!

Kenali Penyebabnya

Tinnitus merupakan nama yang menjelaskan kondisi ketika kuping anda tiba-tiba berdengung, baik di salah satu atau keduanya. Suara yang anda dengar bukan dari luar, dan umumnya orang lain tak bisa mendengarnya.

Tinnitus adalah hal umum yang dialami oleh sekitar 15% hingga 20% orang, dan sering terjadi pada manula.

Kondisi ini sering kali didasari oleh, usia kehilangan kemampuan mendengar, cidera, atau masalah pendengaran pada sistem sirkulator. 

Penyebab Lain Munculnya Tinnitus

Selain kondisi normal, tinnitus juga bisa dipicu beberapa masalah medis seperti :

  • Infeksi telinga

Infeksi telinga dalam dan tengah kerap jadi pemicu tinnitus. Virus, bakteri biasanya merusak sel rambut sehingga infeksi langsung memicu tekanan pada bagian tengah telinga.

  • COVID-19

Beberapa orang yang menderita Covid-19 mengalami kondisi kuping berdengung.

  • Kotoran telinga

Menumpuknya kotoran telinga juga bisa membuat kuping berdengung, atau benda asing lainnya yang terjebak di dalam karena tekanan pada gendang telinga dan mengiritasi sel rambut.

  • Tekanan udara

Tekanan udara dari sekitar anda, atau tekanan barometrik, perubahan ketinggian saat menaiki pesawat, mendaki gunung, atau menyelam juga menyebabkan tinnitus.

Gejala Tinnitus

Tinnitus umum dideskripsikan sebagai suara dengung di dalam telinga, walau di sekitar anda tak ada suara apapun. Selain itu, kondisi ini juga bisa muncul dalam beberapa bentuk gangguan suara, antara lain :

  • Berdengung
  • Menderu
  • Berdetak
  • Mendesis
  • Bersenandung
  • Suara petikan

Nada dengung ini bisa bervariatif, mulai dari suara deru rendah ke tinggi, dan terdengar di kedua kuping. Pada kasus lainnya, suara bisa muncul sangat kencang hingga mengganggu konsentrasi dan pendengaran.

Ada pula kasus langka lainnya tinnitus muncul mengikuti irama detak jantung anda yang dinamakan pulsatile tinnitus.

Apakah Tinnitus Berbahaya?

Pada dasarnya kondisi ini normal terjadi, namun jika anda mengalami beberapa hal seperti di bawah ini maka dianjurkan untuk segera mengunjungi dokter :

  1. Suara muncul setelah infeksi pernapasan atas, seperti demam dan tak kunjung sembuh dalam seminggu.
  2. Kehilangan pendengaran atau pusing.
  3. Merasa cemas, depresi karena tinnitus.

Ternyata penyebab kenapa kuping berdengung ini dapat dialami oleh siapa saja, juga dalam bentuk suara beragam. Akan tetapi, jika anda terus mendengar suara ini lebih dari 2 minggu maka segeralah periksakan telinga Anda ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout