Blog

cara menghilangkan bau mulut

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau Mulut

Dalam dunia kedokteran, bau mulut dikenal sebagai halitosis. Meski bukan tergolong masalah kesehatan yang berbahaya, namun bau mulut dapat mengganggu dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Dengan mengetahui cara menghilangkan bau mulut, Anda dapat terhindar dari masalah ini.

Bau mulut dipicu oleh penumpukan bakteri di gigi, gusi, dan lidah, dan disebabkan oleh beberapa hal, seperti masalah kesehatan tertentu, gaya hidup tidak sehat, dan diet yang tidak sehat. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor berikut.

Penyebab Bau Mulut

Munculnya bau mulut dipicu oleh bakteri di dalam mulut yang menghasilkan senyawa kimia berbau. Bakteri tersebut berkembang karena adanya sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang tidak dibersihkan. Namun, bau mulut juga dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut: 

1. Tidak menjaga kebersihan gigi 

Kuman atau bakteri yang berasal dari sisa-sisa makanan yang belum bersih dapat menyebabkan bau mulut. Selain itu, kuman dan bakteri tersebut juga dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti sariawan, plak, gusi berdarah, dan warna putih pada lidah, yang mengakibatkan bau mulut. Untuk mencegah hal ini, pastikan Anda menyikat gigi secara teratur setelah makan, berkumur dengan moutwash, dan gunakan pasta gigi yang menyegarkan.

2. Mengonsumsi sumber makanan yang menimbulkan efek bau

Kurangi mengonsumsi makanan yang menimbulkan bau alami yang kurang sedap. Beberapa makanan tersebut, antara lain petai, durian, jengkol, dan makanan yang mengandung tinggi lemak. Meski tidak dilarang sama sekali, namun Anda perlu memastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan agar tidak menimbulkan bau mulut.

3. Tidak menjaga kesehatan gigi

Tidak menjaga kesehatan gigi, seperti tidak sikat gigi secara teratur setelah makan, gigi berlubang dan rusak yang dibiarkan tanpa perawatan, serta abrasi gigi, akan menyebabkan bakteri berkembang. Hal ini kemudian menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

4. Minuman beralkohol

Minuman beralkohol menimbulkan bau mulut khas yang dapat mengganggu orang-orang di sekitar Anda. Agar bau mulut tidak muncul, sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan, berkumur atau sikat gigi setelah minum minuman beralkohol, atau mengonsumsi permen atau minuman lain yang memiliki efek segar, seperti mint dan jahe.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya bau mulut, cara menghilangkan bau mulut yang paling efektif adalah menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, beberapa cara berikut juga akan membantu Anda dalam menghilangkan bau mulut:

  1. Menyikat gigi secara teratur dengan menggunakan pasta gigi yang menyegarkan, serta mengandung fluoride.
  2. Berkumur dengan menggunakan moutwash agar bakteri dan kuman di dalam gigi dapat terbunuh dengan optimal.
  3. Perbanyak minum air putih setelah makan. Kurang minum air putih dapat menyebabkan bau mulut.
  4. Menyemprotkan pewangi mulut ke dalam mulut Anda.
  5. Mengonsumsi permen mint untuk menyegarkan nafas dan membuat mulut Anda menjadi wangi.
  6. Konsumsi vitamin C, seperti brokoli, kol, kale, kiwi, stroberi, jeruk, jambu biji, dan pepaya.
  7. Membersihkan permukaan lidah secara teratur. Hal ini bertujuan agar bakteri tidak menempel yang menimbulkan bau mulut.
  8. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam, seperti jeruk, yang berfungsi untuk menetralisir bau mulut secara alami.
  9. Perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan serat, seperti buah dan sayuran.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout