Blog

cara mengatasi mata merah

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Merah

Pernahkah Anda mengalami mata merah? Gangguan mata ini memang cukup mengganggu jika Anda rutin beraktivitas. Mata merah disebabkan oleh iritasi, reaksi alergi, atau infeksi pada mata (konjungtivitis). Untuk mengatasinya, ada beberapa cara mengatasi mata merah yang dapat Anda coba.

Beberapa cara untuk mengatasi mata merah bisa dilakukan, mulai dari cara alami hingga penggunaan obat-obatan. Untuk meredakan gejala mata merah, berikut beberapa cara aman dan mudah yang dapat Anda lakukan.

1. Kompres air dingin

Cara mengatasi mata merah yang pertama adalah mengompres dengan air dingin. Kompres air dingin secara efektif dapat menurunkan risiko mata merah. Hal ini dikarenakan kompres air dingin pada mata mamapu mengatasi mata merah yang bengkak atau gatal, yang disebabkan oleh iritasi atau alergi.

2. Kompres air hangat

Menggunakan air hangat untuk mengompres mata merah dapat membantu meningkatkan aliran darah di sekitar mata dan mengatasi iritasi pada mata, sehingga kondisi mata merah dapat mereda. Caranya, basahi handuk dengan air hangat, lalu letakkan kompres hangat tersebut pada mata yang merah selama 10-15 menit.

3. Menggunakan air mata buatan

Cara mengatasi mata merah berikutnya adalah menggunakan air mata buatan, yang bermanfaat untuk membersihkan mata. Cara ini dapat mengatasi mata merah yang disebabkan oleh penggunaan lensa kontak yang terlalu lama atau sindrom mata kering, sehingga akan terasa lebih nyaman dan sejuk. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat tetes mata yang dijual di pasaran. Pastikan kandungan dan manfaat obat mata tersebut sesuai dengan kondisi mata Anda. Obat tetes mata jenis antihistamin berfungsi untuk meredakan mata merah yang disebabkan oleh alergi, sedangkan obat mata jenis dekongestan digunakan untuk meredakan mata merah yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah mata. Jika Anda belum yakin penyebab mata merah yang Anda alami, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter mata terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes mata.

4. Gunakan humidifier

Penggunaan AC yang terlalu lama di dalam ruangan tertutup membuat udara menjadi kering. Kondisi udara yang kering tersebut dapat menyebabkan mata merah dan kering. Untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan pelembap udara atau humidifier. Selain melembapkan udara, alat ini juga berfungsi untuk membersihkan udara dari debu dan kotoran, sehingga risiko mata terpapar debu penyebab iritasi atau alergi akan lebih rendah.

5. Menggunakan dental floss

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menyempil di sela-sela gigi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan dental floss yang dapat membersihkan sisa-sisa makanan hingga ke sela-sela gigi. Membersihkan sela-sela gigi dengan dental floss tidak hanya dilakukan jika ada sisa makanan yang terselip, namun juga perlu dilakukan secara rutin setelah menyikat gigi. Dengan cara ini, dapat mencegah timbulnya bau mulut.

Jika Anda mengalami mata merah yang tergolong ringan atau bukan disebabkan oleh penyakit mata berat, pada umumnya dapat sembuh sendiri dalam waktu beberapa hari. Namun, jika kondisi mata merah yang Anda alami tidak kunjung sembuh dalam waktu 1 minggu atau jika mata merah disertai dengan beberapa keluhan lain, seperti rasa nyeri, keluar nanah atau darah, pandangan buram, atau sensitif terhadap cahaya, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter mata.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout