Kenali Apa Saja Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dan manfaatnya

vitamin b12 apa saja

Kenali Apa Saja Makanan yang Mengandung Vitamin B12 dan manfaatnya

Vitamin B12 adalah nutrisi yang penting dipenuhi kebutuhannya setiap hari. Vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh untuk produksi sel darah merah dan meningkatkan kesehatan sistem saraf. Kenali apa saja makanan yang mengandung vitamin B12.

Untuk mencukupi kebutuhan vitamin B12 harian, Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu. Apa saja makanan yang mengandung vitamin B12? Berikut informasi selengkapnya.

Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Berikut beragam jenis makanan dengan kandungan vitamin B12 untuk dikonsumsi:

1. Daging sapi

Daging sapi adalah makanan tinggi vitamin B12 yang direkomendasikan. Daging sapi juga tinggi nutrisi lain yang penting untuk tubuh, misalnya protein dan zat besi. Meski demikian, Anda tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daging sapi berlebihan, karena bisa meningkatkan kadar kolesterol yang berisiko penyakit jantung.

2. Daging ayam

Rekomendasi makanan yang mengandung vitamin B12 berikutnya adalah daging ayam. Daging ayam tinggi vitamin B12 dan protein yang efektif membakar lemak di tubuh. Konsumsi daging ayam secara rutin untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Makanan laut

Makanan laut juga bisa dikonsumsi untuk mencukupi asupan vitamin B12 harian. Beragam jenis makanan laut yang direkomendasikan, misalnya ikan sarden, ikan salmon, kerang, kepiting, dan ikan tuna.

4. Telur

Telur adalah sumber protein yang bisa mengenyangkan lebih lama. Namun, telur ternyata juga bisa mencukupi asupan vitamin B12 harian Anda dan mengandung vitamin D untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

5. Susu

Susu rendah lemak adalah pilihan yang tepat untuk mencukupi asupan vitamin B12 harian. Selain itu, susu rendah lemak tinggi kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Gejala Kekurangan Vitamin B12

Deteksi dini gejala kekurangan vitamin B12 penting agar bisa ditangani dengan tepat. Berikut gejala-gejala kekurangan vitamin B12 yang perlu diwaspadai:

1. Kulit pucat

Kulit pucat adalah gejala kekurangan vitamin B12 yang mudah dikenali. Ketika sel darah merah berkurang karena kekurangan vitamin B12, tubuh akan mengalirkan darah lebih banyak ke organ-organ penting, misalnya paru-paru dan otak. Sedangkan, aliran darah ke kulit berkurang, sehingga terlihat pucat.

2. Mudah lelah

Kekurangan vitamin B12 dapat menghambat produksi sel darah merah yang berfungsi untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh, sehingga oksigen tidak bisa dialirkan ke seluruh tubuh dengan optimal. Ketika sel-sel tubuh kekurangan oksigen untuk menghasilkan energi, Anda akan mudah lelah dan lemah.

3. Keseimbangan menurun

Gejala kekurangan vitamin B12 lainnya adalah gangguan saraf, termasuk sistem gerak. Kondisi ini menurunkan keseimbangan dan koordinasi tubuh, sehingga Anda mudah terjatuh. Gejala ini umumnya terjadi pada lansia.

4. Penglihatan menurun

Penglihatan menurun juga menandakan kekurangan vitamin B12. Hal ini dikarenakan gangguan pada saraf yang menghubungkan mata dan otak menyebabkan kemampuan penglihatan menjadi berkurang. 

5. Kesemutan 

Vitamin B12 berperan dalam pembentukan myelin, yaitu lemak yang melindungi saraf tepi (neuropati perifer). Lemak ini akan berkurang jika asupan vitamin B12 tidak tercukupi dan mengganggu fungsi saraf, sehingga menimbulkan kesemutan di kaki dan tangan.

Jika Anda merasakan gejala-gejala di atas, segera ke dokter untuk ditangani lebih lanjut. Dokter akan memberikan suplemen vitamin B12 untuk mengobati kekurangan vitamin B12.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout