Blog

kanker kulit

Kanker Kulit: Penyebab, Faktor Risiko, dan Gejala

Kanker kulit adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel kulit yang tidak terkendali. Kondisi ini terjadi ketika kerusakan DNA pada sel kulit memicu mutasi atau cacat genetik, sehingga sel kulit berkembang dengan cepat dan membentuk tumor ganas.

Kanker kulit umumnya menyerang area kulit yang terpapar sinar matahari. Namun, bisa juga menyerang area kulit yang tertutup atau jarang terkena sinar matahari. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab dan gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya.

Penyebab Kanker Kulit

Kanker kulit bisa disebabkan oleh radiasi sinar matahari dan kesalahan mutasi pada DNA sel. Mutasi menyebabkan sel tumbuh di luar kendali hingga membentuk massa sel kanker. Sel kanker yang tumbuh di lapisan kulit ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet (UV) berlebih. Sedangkan radiasi sinar UV bisa merusak sel kulit yang bisa menyebabkan kanker kulit. Selain itu, tidak diketahui secara pasti mengapa sel kanker juga bisa menyerang area yang tertutup.

Faktor Risiko Kanker Kulit

Kanker kulit bisa menyerang siapa saja. Namun, dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, ada faktor atau kondisi yang dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami kanker kulit. Berikut beberapa di antaranya:

  • Warna kulit yang tergolong cerah.
  • Pertambahan usia.
  • Area kulit yang terbakar, bintik-bintik tipis pada kulit, kulit mudah memerah, atau terasa sakit ketika terpapar sinar matahari.
  • Tahi lalat dengan jenis tertentu atau dalam jumlah banyak.
  • Riwayat kesehatan pribadi yang berkaitan dengan kanker kulit.

Jika Anda pernah merasakan gejala, namun tidak yakin dengan faktor risiko yang dimiliki, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan membantu Anda memahami kondisi kesehatan kulit dan membantu menurunkan faktor risiko yang ada, sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala Kanker Kulit

Kanker kulit umumnya bisa tumbuh di kulit yang terpapar matahari. Namun, penyakit ini juga bisa tumbuh di area kulit yang jarang terpapar matahari secara langsung, misalnya telapak tangan, di bawah kuku jari tangan atau kaki, dan daerah genital Anda. Berikut gejala kanker kulit berdasarkan jenisnya.

1. Karsinoma Sel Basal

Jenis kanker ini umumnya muncul di area tubuh yang terpapar sinar matahari, seperti leher atau wajah. Karsinoma sel basal biasanya muncul dengan beberapa gejala berikut:

  • Benjolan dengan tampilan seperti lilin agak mengilap.
  • Luka perdarahan atau keropeng yang kambuhan.
  • Lesi yang rata dan berwarna, seperti daging atau cokelat seperti bekas luka.

2. Melanoma Maligna

Jenis kanker ini dapat berkembang di bagian tubuh mana pun, termasuk tahi lalat. Berikut beberapa tanda dan gejala Melanoma Maligna yang perlu Anda ketahui:

  • Tahi lalat yang berubah warna atau ukuran.
  • Bintik kecokelatan besar dengan bintik-bintik lebih gelap.
  • Lesi gelap pada telapak tangan, telapak kaki, ujung jari tangan atau kaki, serta selaput lendir yang melapisi mulut, hidung, vagina, atau anus.
  • Lesi menyakitkan yang terasa gatal dan terbakar.
  • Lesi kecil dengan batas tidak beraturan, serta ada bagian yang tampak merah, merah muda, putih, biru, atau biru-hitam.

Kemungkinan ada juga gejala kanker kulit yang tidak disebutkan di atas. Jika Anda memiliki kekhawatiran akan gejala tertentu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout