Blog

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol

Jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Bagi penderita kolesterol tinggi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan untuk mencegah gejala kolesterol tinggi yang mungkin muncul. Apa saja jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol?

Agar kadar kolesterol tetap terjaga, Anda perlu menghindari beberapa jenis makanan yang memicu kolesterol. Apa saja jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi? Berikut beberapa di antaranya.

1. Makanan tinggi lemak dan trans jenuh

Makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dan lemak trans adalah salah satu makanan yang harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh dan lemak trans bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan kadar kolesterol (LDL), sehingga meningkatkan risiko Anda mengalami berbagai penyakit jantung, seperti serangan jantung dan gagal jantung.

2. Makanan cepat saji

Meski tidak dilarang sama sekali, makanan cepat saji sebaiknya tidak boleh dimakan setiap hari, terlebih bagi penderita kolesterol tinggi. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji mengandung kolesterol yang tinggi, lemak jenuh, dan lemak trans. Sering mengonsumsi makanan tinggi kolesterol bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menurunkan kolesterol baik (HDL).

3. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng juga pantangan bagi penderita kolesterol. Hal ini dikarenakan makanan yang digoreng biasanya tinggi akan kolesterol. Meski demikian, masih banyak yang tidak memahami bahwa teknik memasak dengan cara digoreng dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menerapkan cara memasak yang lebih aman untuk kesehatan, seperti dikukus, direbus, serta dipanggang.

4. Garam

Makanan yang tinggi kandungan garam juga sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi, karena bisa meningkatkan kadar kolesterol. Makanan dengan kandungan garam berlebih biasanya ditemukan dalam makanan kemasan, makanan ringan, daging dan ayam olahan, serta roti isi yang dijual di gerai makanan cepat saji.

5. Gula

Makanan yang tinggi gula dapat menyebabkan serangan jantung, diabetes, dan kenaikan berat badan. Beberapa makanan dengan kandungan gula yang tinggi, antara lain kue, permen, es krim, minuman bersoda, serta teh manis. Perlu diingat, hampir semua makanan dan minuman biasanya juga mengandung gula, bahkan yang mungkin terlihat bebas gula, seperti saus tomat dan air tonik.

Tips Menurunkan Kolesterol 

Selai menghindari makanan yang bisa meningkatkan kolesterol, menerapkan kebiasaan positif berikut juga bisa membantu menurunkan kolesterol:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, namun juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Lakukan olahraga yang Anda sukai setidaknya 30 menit per hari, minimal 3 kali seminggu agar manfaatnya bisa lebih optimal.

2. Kurangi minuman beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol berlebihan juga bisa meningkatkan risiko naiknya kadar kolesterol dan tekanan darah. Untuk mencegah hal ini, sebaiknya kurangi minuman beralkohol atau bahkan tidak mengonsumsi minuman beralkohol sama sekali.

3. Berhenti merokok

Merokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan, seperti menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) di dalam darah dan merusak dinding pembuluh darah. Oleh karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok untuk menjaga kolesterol tetap normal dan mencegah kolesterol tinggi.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout