Blog

multivitamin ibu menyusui

Jenis dan Manfaat Vitamin untuk Ibu Menyusui

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi agar ASI yang dihasilkan berkualitas. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu menyusui adalah dengan mengonsumsi multivitamin untuk ibu menyusui.

Konsumsi multivitamin untuk ibu menyusui perlu diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung beragam nutrisi, seperti vitamin dan mineral. Apa jenis vitamin ibu menyusui dan manfaatnya? Simak penjelasan berikut.

Jenis dan Manfaat Multivitamin Ibu Menyusui

Jumlah dan kandungan ASI akan menentukan kebutuhan gizi yang diperoleh bayi. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi busui selama memberikan ASI eksklusif menjadi lebih tinggi. Berikut beberapa jenis vitamin yang penting untuk ibu menyusui:

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin yang diperlukan ibu menyusui. Vitamin ini bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh bayi agar dapat melawan infeksi dan menjaga kesehatan matanya. Ibu menyusui direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 1000-2000 mikrogram (mcg) per hari.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda. Berikut penjelasannya:

  • Vitamin B1 dan B2

Kedua jenis vitamin ini berfungsi untuk membantu busui mendapat energi, serta mendukung tumbuh kembang dan perkembangan saraf dan otak bayi. Dosis vitamin B1 dan B2 yang perlu dipenuhi busui adalah sebanyak 1,5-1,6mg per hari.

  • Vitamin B3 dan B6

Vitamin B3 berfungsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, sedangkan vitamin B6 berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh. Busui perlu memenuhi kebutuhan vitamin B2 sebanyak 17mg per hari, sedangkan vitamin B6 sebanyak 1,9mg per hari.

  • Vitamin B9 dan B12

Vitamin B9 atau folat dan vitamin B12 juga termasuk vitamin ibu menyusui yang diperlukan untuk kesehatan bayi. Bagi ibu menyusui, vitamin ini dapat membantu meningkatkan jumlah dan kualitas ASI serta produksi sel darah merah. Sedangkan bagi bayi, kedua jenis vitamin ini bermanfaat dalam membentuk sel darah merah, perkembangan saraf otak, serta mencegah anemia. Ibu menyusui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan asam folat sebanyak 400-500 mcg per hari dan vitamin B12 sebanyak sekitar 5 mcg per hari.

3. Vitamin C

Vitamin ibu menyusui lainnya adalah vitamin C. Konsumsi vitamin ini hingga 1000 mg dipercaya dapat meningkatkan kadar vitamin C dalam ASI, serta meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui dan bayi. Busui perlu memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 120 mg per hari.

4. Vitamin D

Vitamin D juga dibutuhkan busui untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang penting untuk menyusui. Selain itu, vitamin D juga dapat mendukung pertumbuhan, serta meningkatkan kekuatan tulang dan gigi bayi. Kebutuhan vitamin D bagi ibu menyusui yang direkomendasikan adalah 600 IU atau setara dengan 15 mcg per hari.

5. Vitamin E

Vitamin E berperan dalam melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan mata, baik pada bayi maupun ibu menyusui. Selama menyusui, busui direkomendasikan untuk memenuhi kebutuhan vitamin E sebanyak 19 mg per hari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout