Blog

pekerjaan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda

Ini Pekerjaan yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Agar bayi tetap sehat sampai kelahirannya, ibu hamil perlu mengetahui apa saja pekerjaan yang perlu dihindari sejak awal kehamilan. Hamil muda atau trimester pertama adalah waktu yang sangat penting untuk perkembangan janin ke depannya, sehingga ibu hamil perlu mengetahui dan memperhatikan aktivitas apa saja yang dapat dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan selama kehamilan.

Beberapa pekerjaan rumah tangga yang dilakukan saat hamil dapat memberikan dampak negatif dan risiko bagi kesehatan ibu hamil dan janin. Apa saja pekerjaan rumah tangga yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda dan alasannya? Berikut penjelasannya. 

Pekerjaan yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil Muda

Saat hamil, tubuh ibu mengalami banyak perubahan, sehingga perlu dilakukan penyesuaian aktivitas. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan aktivitas apa saja yang sebaiknya dihindari. Untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan ibu dan janin dalam kandungan, berikut beberapa pekerjaan rumah tangga yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda:

1. Menyapu dan mengepel lantai

Jika Anda terbiasa menyapu dan mengepel lantai karena tidak suka dengan kondisi rumah yang kotor dan tidak nyaman, sebaiknya pertimbangkan untuk menghindari pekerjaan ini selama kehamilan. Menyapu dan mengepel lantai memiliki risiko yang cukup tinggi pada ibu hamil dengan perut besar.

Meskipun aktivitas menyapu atau mengepel tampaknya ringan dilakukan, namun aktivitas ini dapat memperburuk nyeri pada punggung bawah dan dapat merenggangkan paha belakang pada ibu hamil. Oleh karena itu, mintalah bantuan suami, kerabat, atau mempekerjakan ART (Asisten Rumah Tangga) untuk membantu Anda dengan pekerjaan rumah.

2. Membersihkan rumah dengan menggunakan produk berbahan kimia keras

Membersihkan rumah adalah hal yang penting untuk menjaga lingkungan tempat tinggal tetap sehat, namun aktivitas ini dapat berisiko jika dilakukan oleh ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya menghindari produk-produk yang berbahan kimia yang biasa digunakan untuk membersihkan rumah seperti pembersih WC, lantai, berbagai sabun yang belum tentu aman untuk ibu hamil. Bekerjasamalah dengan suami untuk membersihkan rumah atau bisa mempekerjakan asisten rumah tangga untuk membantu Anda. 

3. Mengecat kamar bayi

Mengecat kamar bayi juga merupakan salah satu pekerjaan yang tidak boleh dilakukan ibu hamil muda. Hal ini dikarenakan kandungan dalam cat memiliki zat-zat yang dapat memberikan dampak negatif pada janin dalam kandungan. Meski menyenangkan dalam mempersiapkan kebutuhan bayi, namun Anda perlu menghindari aktivitas ini agar tetap aman untuk kesehatan ibu hamil dan janin.

4. Mencuci pakaian

Pekerjaan yang perlu dihindari ibu hamil muda lainnya adalah mencuci pakaian. Saat mencuci pakaian walaupun dengan mesin cuci, terutama pada ibu hamil yang menggunakan mesin cuci front loading, aktivitas mengangkat atau mengambil pakaian dengan posisi membungkuk dapat berisiko pada rahim ibu yang akan mempengaruhi perkembangan janin. Selain itu, beberapa gerakan mencuci pakaian terutama tanpa mesin cuci dapat menyebabkan kelahiran prematur, misalnya posisi membungkuk yang dapat berisiko pada rahim ibu yang akan mempengaruhi perkembangan janin 

5. Aktivitas mengangkat beban berat

Ibu hamil juga perlu menghindari aktivitas mengangkat beban yang terlalu berat. Ketika hamil, perubahan hormon pada ibu hamil dapat membuat sendi dan ligamen menjadi lemah yang menyebabkan ibu hamil akan berisiko mengalami cedera atau nyeri otot jika mengangkat beban berat. Hindari melakukan aktivitas ini dan mintalah bantuan orang terdekat untuk membantu membawa beban berat yang ibu perlukan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout