Ini 5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya

Ini 5 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi buah pepaya yang melimpah memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga kesehatan kulit tubuh dan wajah hingga menyehatkan jantung. Dengan kandungan gizi, antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, vitamin K, serat, kalsium, potasium, folat, magnesium, dan antioksidan, semakin memperkuat manfaat buah pepaya

Manfaat buah pepaya yang banyak dikenal adalah melancarkan pencernaan. Namun, sebenarnya banyak manfaat buah pepaya untuk kesehatan lainnya yang perlu Anda ketahui, antara lain:

1. Mencegah Radang Sendi

Tidak banyak yang tahu jika buah pepaya memiliki khasiat dalam mencegah radang sendi. Hal ini disebabkan masih minimnya informasi dan pengetahuan tentang manfaat pepaya yang satu ini. Buah pepaya mengandung vitamin C dan agen antiradang yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya radang sendi. Fakta ini didukung dengan penelitian yang dirilis dalam jurnal Annals of the Rheumatic Diseases. Penelitian tersebut menemukan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin C berisiko terkena radang sendi tiga kali lebih tinggi dibandingkan yang mengonsumsi vitamin C.

2. Mencegah Kanker Prostat

Salah satu penyebab kanker adalah radikal bebas. Pepaya memiliki tiga kandungan yang luar biasa, yaitu antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien, yang bekerja secara efektif dalam melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Agar khasiat pepaya semakin optimal untuk mencegah kanker, Anda bisa mengonsumsinya dengan teh hijau. Perpaduan antara kandungan pepaya dan teh hijau yang tinggi likopen menghasilkan khasiat yang besar dalam menurunkan risiko kanker prostat. Fakta ini juga diperkuat dengan penelitian yang dirilis dalam jurnal Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

3. Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh menyebabkan terhambatnya aliran darah yang memicu terjadinya stroke dan serangan jantung. Dengan kandungan serat, vitamin, dan beragam antioksidan yang tinggi, pepaya memiliki khasiat untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam darah. Menjadikan buah pepaya sebagai menu sehat adalah langkah pencegahan berbagai penyakit sejak dini. Bahkan, penemu ternama dunia, Christopher Columbus, menjuluki buah pepaya sebagai buah malaikat karena takjub dengan khasiat buah pepaya. 

4. Menurunkan Berat Badan

Manfaat ini tentunya dicari oleh orang yang menjalankan program diet. Kandungan serat yang tinggi dalam pepaya memberikan efek mengenyangkan lebih lama, sehingga perut tidak merasa cepat lapar. Bahkan, dalam satu buah pepaya terkandung 120 kalori yang bisa dijadikan sebagai menu diet sehat. Namun, untuk mendapatkan hasil diet yang lebih optimal, sebaiknya imbangi dengan berolahraga secara rutin.

5. Mencegah Penuaan Dini

Khasiat pepaya juga sangat baik untuk perawatan kecantikan Anda. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang tinggi dalam pepaya efektif untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini. Tidak mengherankan jika khasiat ini banyak digunakan dalam produk kecantikan yang menggunakan pepaya sebagai bahan utamanya. Tidak hanya itu, pepaya juga tinggi akan vitamin E dan beragam antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit tubuh dan wajah. Vitamin E dan antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari efek radikal bebas dan mencegah penuaan dini.

Beragam bukan manfaat buah pepaya untuk kesehatan? Yuk, lindungi diri dan keluarga selama pandemi dengan mengonsumsi buah pepaya yang dapat meningkatkan imun tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout