Blog

Mengetahui Pentingnya Hemoglobin Normal pada Ibu Hamil

Hemoglobin Normal Ibu Hamil – Hemoglobin adalah protein di dalam sel darah merah yang berfungsi untuk menghantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.

Jika ibu hamil memiliki kadar hemoglobin yang rendah, maka dapat menyebabkan anemia yang membahayakan kondisi janin. Anemia adalah kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang lebih rendah daripada jumlah normalnya. Salah satu akibat dari anemia pada ibu hamil adalah meningkatkan risiko bayi lahir prematur atau bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Hemoglobin yang rendah pada ibu hamil juga akan memengaruhi ibu hamil itu sendiri selama kehamilan. Ketika kekurangan hemoglobin, ibu hamil akan merasa pusing, mata berkunang-kunang, bahkan bisa sampai tidak sadarkan diri atau pingsan.

Hemoglobin Normal Ibu Hamil

Saat memeriksa kandungan, setiap ibu hamil harus menjalani tes darah untuk melihat kadar hemoglobin dalam tubuh selama kunjungan prenatal pertama dan di akhir masa kehamilan. Menurut WHO, berikut ini adalah penentuan kadar hemoglobin normal ibu hamil dan kategori batasan anemia dari ringan hingga berat:

  • Normal: Hb > 11 gr/dl.
  • Anemia ringan: Hb 8 – 11 gr/dl.
  • Anemia berat: Hb < 7 gr/dl.

Berikut ini adalah kadar hemoglobin normal ibu hamil sesuai usia kehamilan:

  • Perempuan dewasa yang tidak hamil: 12 – 15.8 gr/dl.
  • Hamil trimester pertama: 11.6 – 13.9 gr/dl.
  • Hamil trimester kedua: 9.7 – 14.8 gr/dl.
  • Hamil trimester ketiga: 9.5 – 15.0 gr/dl.

Apabila kadar hemoglobin Ibu hamil di bawah angka tersebut, maka dapat dikatakan ibu tersebut mengalami hemoglobin rendah.

Penyebab Kekurangan Hemoglobin

Kekurangan hemoglobin memang sering dialami oleh ibu hamil. Kekurangan hemoglobin disebabkan oleh kurangnya sumber penghasil hemoglobin, yaitu zat besi. Biasanya, kondisi ini disebut anemia defisiensi besi.

Seorang ibu hamil membutuhkan kadar sel darah merah yang lebih banyak untuk mencukupi perubahan dalam tubuh. Sel darah merah juga berfungsi dalam pembentukan sel-sel darah merah pada janin.

Itu juga sebabnya kebutuhan zat besi ibu hamil, akan meningkat hingga dua kali lipat dibandingkan sebelumnya. Jika tidak dipenuhi kebutuhannya, maka dapat memicu anemia sebagai akibat dari kekurangan asupan zat besi.

Ingin membeli suplemen dan vitamin untuk ibu hamil? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

Cara Mengatasi Kekurangan Hemoglobin

Lantas, bagaimana cara mengatasi kekurangan hemoglobin? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Menambah asupan zat besi

Cara mengatasi kekurangan hemoglobin yang pertama tentunya dengan menambag asupan zat besi. Zat besi berperan penting dalam pembuatan hemoglobin. Zat besi dapat membantu kamu untuk memproduksi sel darah merah yang banyak dan mengandung hemoglobin. Direkomendasikan mengonsumsi 30mg zat besi setiap hari pada ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi:

  • Daging merah
  • Telur
  • Sayuran hijau
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Tahu

2. Menambah asupan asam folat

Asam folat adalah salah satu jenis vitamin B yang dapat menghasilkan heme, yaitu bagian dari sel darah merah yang mengandung hemoglobin. Apabila asam folat kamu tidak cukup, sel darah merah dalam tubuh tidak akan bisa matang. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anemia defisiensi folat dan kadar hemoglobin yang rendah. Beberapa makanan yang mengandung asam folat, antara lain:

  • Daging sapi
  • Bayam
  • Kacang polong
  • Selada
  • Biji-bijian

3. Mengonsumsi suplemen zat besi dan asam folat

Kamu dapat menambah asupan zat besi melalui suplemen yang dapat membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Namun, sebelumnya kamu harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis aman sesuai kondisi.

Sekarang kamu telah mengetahui pentingnya hemoglobin normal ibu hamil. Selama masa kehamilan, kesehatan ibu hamil memang harus diperhatikan agar janin yang dikandung juga sehat. Apabila kadar hemoglobin kamu masih rendah dalam waktu yang lama, kamu harus berkonsultasi dan menanyakannya ke dokter, ya.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Ibu Hamil

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout