Blog

haid normal berapa hari

Haid Normal Berapa Hari? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Haid merupakan suatu tanda seorang perempuan telah mengalami pubertas. Haid memiliki siklus yang berbeda-beda pada setiap perempuan. Siklus haid normal berapa hari? Pada umumnya, siklus haid akan muncul setiap minggu, dimulai dari hari pertama haid hingga haid berikutnya.

Menstruasi terjadi saat ovarium siap untuk melepaskan sel telur, yang kemudian menempel di dinding rahim dan menantikan untuk dibuahi sperma. Jika tidak dibuahi, dinding rahim akan luruh dan terjadilah perdarahan yang keluar melalui vagina. Ingin tahu lebih dalam mengenai masa haid normal? Berikut penjelasannya.

Masa Haid Normal Berapa Hari?

Masa haid normal terjadi setiap 23 hingga 35 hari, dengan rentang berlangsungnya haid, yaitu tiga hingga tujuh hari. Saat menstruasi, perempuan biasanya mengeluarkan darah dari vagina kira-kira 2 hari hingga satu minggu dengan volume darah sekitar 30-70 mililiter. Volume perdarahan paling banyak saat menstruasi adalah pada hari pertama dan kedua. Saat menstruasi, biasanya Anda akan mengalami sakit atau kram di perut.

Masa haid yang normal akan terjadi sebanyak satu kali dalam sebulan. Hal ini berarti perempuan akan mengalami haid selama satu tahun sebanyak 11-13 kali. Siklus haid tersebut akan terus berlangsung hingga perempuan memasuki usia menopause, yaitu masa ketika tubuh tidak memproduksi sel telur lagi. Selain siklus haid, menstruasi juga dapat dilihat dari:

1. Masa haid

Masa haid normal terjadi selama 3 hingga 7 hari. Perbedaan panjang atau pendeknya masa haid pada perempuan tergantung pada banyak atau tidaknya darah yang keluar. Jika menstruasi terjadi kurang dari 3 hari, darah yang keluar biasanya akan lebih banyak. Sedangkan masa haid yang tidak kunjung selesai dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti penyakit tiroid, adenomiosis, PCOS, mengonsumsi pil KB, dan obesitas.

2. Warna darah

Perempuan yang mengalami masa haid normal, biasanya warna darah yang keluar adalah merah terang. Meski demikian, tingkat warna merahnya tergantung pada kekentalan atau volume darah. Pada umumnya, warna darah yang keluar berwarna merah terang dan masih segar pada haid hari pertama dan kedua. Sedangkan saat haid hampir selesai, darah yang keluar akan berwarna kecokelatan.

3. Keputihan

Masa haid normal juga ditandai dengan perempuan yang mengalami keputihan beberapa hari menjelang masa haid. Keputihan terjadi karena diproduksi oleh leher rahim dan berlangsung pada masa subur. Keputihan yang keluar saat menjelang haid biasanya berwarna putih bening dengan tekstur yang lengket dan tidak berbau.

Lihat Juga: Suplemen Penambah Darah Berbentuk Tablet Larut

Haid Lebih dari 7 Hari, Normalkah?

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masa haid lebih dari 7 hari. Hal ini biasanya karena perempuan yang baru saja memasuki masa pubertas atau menopause. Selain itu, ada beberapa faktor lainnya yang dapat mempengaruhi panjang atau pendeknya masa haid Anda setiap bulan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Faktor gaya hidup, mulai dari pola makan yang tidak sehat atau jarang berolahraga
  • Penggunaan pil KB
  • Berat badan berlebih
  • Stres
  • Penyakit tertentu, seperti tiroid, PCOS, radang panggul, dan endometriosis

Jika Anda ingin mengetahui normal atau tidaknya masa haid Anda selama ini, sebaiknya selalu mencatat jumlah hari setiap kali Anda haid. Lalu, hitung rata-ratanya. Jika masa haid berlangsung lebih dari 10 hari dan terjadi selama berbulan-bulan, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout