Blog

Apa gejala dan penyebab nyeri dada sebelah kanan? Simak penjelasan berikut.

Gejala dan Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Banyak yang menganggap bahwa nyeri dada sebelah kanan tidak berbahaya seperti nyeri dada sebelah kiri. Hal ini dikarenakan nyeri dada sebelah kanan sering tidak diketahui penyebabnya. Lalu, apakah nyeri dada sebelah kanan berisiko untuk kesehatan?

Seperti halnya nyeri dada sebelah kiri yang merupakan tanda serangan jantung, nyeri dada sebelah kanan juga memiliki risiko bagi kesehatan. Apa gejala dan penyebab nyeri dada sebelah kanan? Simak penjelasan berikut.

Gejala Nyeri Dada Sebelah Kanan

Berikut beberapa gejala seseorang yang mengalami nyeri dada sebelah kanan:

  • Dada terasa seperti ditekan.
  • Ketika berbaring, napas terasa sesak.
  • Dada terasa nyeri ketika mengubah posisi tubuh.
  • Rongga dada atau tulang belakang terasa perih.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kanan

Jika nyeri dada sebelah kiri berkaitan dengan masalah pada jantung, maka nyeri dada sebelah kanan bisa disebabkan karena beberapa faktor berikut :

1. Kecemasan dan stres

Selain menurunkan imun tubuh, stres dan kecemasan juga bisa memicu munculnya nyeri dada sebelah kanan. Bagi sebagian orang, stres dan kecemasan ditandai dengan beberapa gejala yang mirip dengan serangan jantung, seperti nyeri dada dan sulit bernapas. 

Nyeri dada sebelah kanan yang ditimbulkan dari stres dan kecemasan disebabkan karena adanya kondisi bernapas cepat atau dalam (hiperventilasi), sehingga menyebabkan otot dinding dada kejang.

2. Ketegangan pada otot

Aktivitas fisik yang berlebihan atau stres dan kecemasan bisa menyebabkan otot-otot dada menjadi tegang dan menimbulkan nyeri dada sebelah kanan. Meski demikian nyeri dada sebelah kanan akibat ketegangan pada otot bisa diatasi dengan istirahat yang cukup atau membeli obat pereda nyeri tanpa resep dokter yang tersedia apotek.

3. Trauma paska kecelakaan

Penyebab nyeri dada sebelah kanan lainnya adalah trauma paska kecelakaan, seperti pukulan keras dan tajam ke dada, jatuh, atau kecelakaan kendaraan bermotor yang berisiko merusak pembuluh darah, saraf, dan otot yang ada di dalam dada. Kecelakaan yang serius bahkan menyebabkan kerusakan pada paru-paru, jantung, atau organ dalam lainnya yang berkaitan dengan jenis cedera ini.

Seseorang yang mengalami trauma paska kecelakaan, biasanya akan timbul rasa nyeri pada bagian tubuh yang terjedi cedera. Hal ini bisa disebabkan karena posisi organ di dalam tubuh yang berdekatan dengan dada kanan memerlukan perawatan lebih lanjut. Jika Anda mengalami keluhan tersebut, segera periksa ke dokter. 

5. Patah tulang rusuk

Ada tiga fungsi utama tulang rusuk, yaitu pernapasan, penyangga, dan perlindungan. Secara umum, tulang rusuk berfungsi untuk melindungi paru-paru dan jantung, serta memberikan kerangka kuat untuk menyatukan otot-otot dada, bahu, punggung, dan perut bagian atas.

Tulang rusuk memiliki sifat yang fleksibel, sehingga bisa mengembang ketika otot-otot pernapasan bekerja. Namun, jika tulang rusak patah atau cedera, hal ini menyebabkan munculnya rasa nyeri pada dada dan menimbulkan komplikasi serius jika tidak segera ditangani. Selain itu, patah tulang rusuk bisa disebabkan karena benturan pada dada atau jatuh.

6. Gangguan pencernaan 

Gangguan pencernaan, seperti asam lambung, tukak lambung, serta radang pankreas, juga bisa ditandai dengan beberapa gejala, salah satunya rasa nyeri pada dada sebelah kanan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout