Gejala Asam Urat pada Kaki dan Penanganannya

Gejala Asam Urat pada Kaki dan Penanganannya

Gejala Asam Urat pada Kaki dan Penanganannya

Penyakit asam urat disebabkan karena kadar asam urat yang tinggi di tubuh, sehingga mengendap dan membentuk kristal dan memicu radang sendi. Asam urat umumnya menyerang bagian kaki. Agar bisa ditangani secepatnya, kenali gejala asam urat pada kaki. 

Asam urat di kaki biasanya ditandai dengan bengkak, nyeri, dan panas. Jika tidak ditangani dengan tepat, gejala asam urat berisiko menghambat aktivitas, karena Anda menjadi sulit berjalan. Oleh karena itu, agar bisa dideteksi dan ditangani, kenali gejala asam urat pada kaki berikut.

Gejala Asam Urat pada Kaki 

Berikut beberapa gejala umum asam urat pada kaki yang perlu diwaspadai:

1. Nyeri sendi lutut, pergelangan kaki, dan jempol kaki

Nyeri seperti ditusuk-tusuk atau perih dan panas di beberapa sendi yang asam urat, misalnya telapak kaki, jempol kaki, pergelangan kaki, dan lutut, adalah gejala umum asam urat pada kaki. Ketika gejala ini kambuh, pengidap asam urat akan sulit beraktivitas, karena tidak bisa berjalan. Bahkan, hanya menggerakkan kaki saja sulit.

Gejala ini umumnya muncul di pagi atau malam hari ketika bangun tidur, lalu membaik dalam beberapa hari. Meski demikian, pada kasus tertentu, nyeri sendi karena asam urat bisa terjadi terus-menerus, bahkan selama berminggu-minggu.

2. Bengkak di sendi yang asam urat

Gejala asam urat pada kaki lainnya adalah pembengkakan di area sendi yang mengalami asam urat. Gejala ini dipicu karena peradangan dan iritasi pada sendi akibat kristal asam urat.

3. Pergerakan terbatas

Kombinasi nyeri yang luar biasa dan pembengkakan di area sendi yang asam urat memicu sendi menjadi kaku, sehingga sulit digerakkan. Akibatnya, pengidap asam urat tidak bisa bergerak dan beraktivitas dalam jangka waktu tertentu.

4. Perubahan kulit di sekitar sendi yang asam urat

Kulit yang berubah di area sekitar sendi juga menjadi gejala asam urat pada kaki yang perlu diwaspadai. Ciri-cirinya berupa kulit terlihat kemerahan atau keunguan, terasa hangat ketika disentuh, terasa kaku, dan kulit mungkin terlihat meregang.

Penanganan Asam Urat yang Efektif

Gejala asam urat pada kaki bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun, gejala asam urat bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, untuk meringankan bengkak dan nyeri akibat asam urat, Anda dianjurkan untuk menerapkan beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah, misalnya istirahat yang cukup, kompres dingin di kaki, dan minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol. Segera hubungi dokter jika Anda mengalami gejala asam urat pada kaki, terutama jika gejala tersebut berkepanjangan atau sering kambuh. Dokter akan mendiagnosis penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Perlu diingat, penanganan asam urat yang tidak tepat, justru berisiko meningkatkan kadar asam urat dan menumpuk di tubuh, sehingga menimbulkan komplikasi serius, misalnya batu ginjal. Selain penggunaan obat-obatan, ada beberapa upaya pencegahan yang bisa diterapkan untuk menjaga kadar asam urat tetap normal, misalnya rutin berolahraga, tidak minum alkohol, tidak makan makanan yang memicu asam urat, dan mencukupi asupan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout