Gantikan PeduliLindungi, Ini Cara Mudah Update ke Satu Sehat

Lalu, bagaimana cara update aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile? Berikut informasi selengkapnya

Gantikan PeduliLindungi, Ini Cara Mudah Update ke Satu Sehat

Pada 1 Maret 2023 yang lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) resmi mengganti aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile. Dikutip dari Chief Digital Transformation Office (DTO) Kementerian Kesehatan Setiaji, manfaat Satu Sehat Mobile lebih luas dibandingkan PeduliLindungi. 

Untuk memiliki Satu Sehat Mobile, Anda cukup memperbaharuinya di Play Store atau App Store dan tidak perlu menghapus aplikasi PeduliLindungi. Lalu, bagaimana cara update aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile? Berikut informasi selengkapnya

Apa itu Satu Sehat Mobile?

Aplikasi Satu Sehat sebenarnya adalah pembaharuan dari aplikasi PeduliLindungi. Tidak hanya berganti nama, Satu Sehat dilengkapi dengan beragam fitur yang lebih mutakhir dan dipersonalisasi dibandingkan PeduliLindungi. Satu Sehat dirancang untuk mengintegrasikan sistem informasi kesehatan di Indonesia. Artinya, seluruh sistem informasi setiap fasilitas kesehatan bisa diakses melalui Satu Mobile.

Informasi kesehatan pengguna yang tersedia di aplikasi, yaitu mulai dari hasil pemeriksaan kesehatan, riwayat vaksinasi, hingga data mengenai stunting di Indonesia. Dengan memiliki Satu Sehat, pengguna bisa lebih mudah dan praktis menyimpan informasi kesehatannya, misal ketika ingin periksa ke dokter atau berpindah rumah sakit, pengguna tidak perlu repot membawa dokumen rekam medis secara fisik, karena datanya tersimpan secara digital di Satu Sehat Mobile. Selain menyimpan rekam medis pengguna, tenaga kesehatan dimudahkan dengan fitur Satu Sehat, misalnya tenaga medis tidak perlu memasukkan data rekam medis pasien secara berulang ke aplikasi yang berbeda. Cukup memasukkan data di Satu Sehat dan sistem secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi kesehatan lainnya.

Keunggulan Satu Sehat Mobile

Selain cukup diperbaharui di Play Store atau App Store, mekanisme login Satu Sehat sama dengan aplikasi PeduliLindungi. “Profil pengguna, tiket dan sertifikat vaksin COVID-19 akan tersinkronisasi. Setelah memberikan persetujuan, pengguna bisa menggunakan Satu Sehat Mobile.” tutur Setiaji di konferensi pers di YouTube Kementerian Kesehatan pada 28 Februari 2023 yang lalu.

Keunggulan aplikasi SatuSehat berikutnya adalah fitur yang saat ini ada di PeduliLindungi dan penambahan fitur baru, yaitu pengukuran tubuh (berat dan tinggi badan), gula darah, detak jantung, dan tekanan darah. Fitur lainnya, termasuk informasi seperti analisis, kurva kesehatan, dan rekomendasi tindakan lebih lanjut.

Cara Update PeduliLindungi Menjadi Satu Sehat Mobile

Untuk pengguna aplikasi PeduliLindungi yang ingin memperbaharui aplikasi Satu Sehat Mobile, berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka App Store atau Play Store, ketik “Satu Sehat Mobile”.
  2. Tunggu hingga aplikasi muncul, lalu klik “Update”.
  3. Buka aplikasi Satu Sehat Mobile, klik ‘Syarat Penggunaan’ untuk persetujuan akses Satu Sehat Mobile.
  4. Login ke Satu Sehat Mobile dengan email atau nomor ponsel yang terdaftar di aplikasi PeduliLindungi.
  5. Aplikasi Satu Sehat Mobile akan tersinkronisasi dengan akun yang terdaftar di PeduliLindungi.

Jika Anda ingin registrasi dan melakukan uji coba pembaharuan menjadi Satu Sehat Mobile, kunjungi satusehat.kemkes.go.id/platform. Setelah diperbaharui, Satu Sehat Mobile akan dilengkapi dengan fitur pendukung kesehatan pribadi, misalnya data yang terintegrasi dengan Rekam Medis Elektronik (RME) melalui aplikasi tersebut. “Mulai dari imunisasi anak, hasil pemeriksaan, hingga data pembelian obat, nantinya bisa diakses dan terintegrasi melalui Satu Sehat Mobile.” tutur Setiaji.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout