Blog

kb suntik 1 bulan

Mengenal Efek Samping KB Suntik 1 Bulan, Sudah Tahukah Anda?

KB suntik 1 bulan merupakan salah satu cara yang bisa digunakan oleh pasangan suami dan istri untuk mengendalikan angka kelahiran. Namun, sama seperti program KB lainnya, KB suntik 1 bulan juga memiliki efek samping.

Berikut ini, kami akan bahas apa saja yang menjadi efek samping KB suntik 1 bulan. Namun sebelum itu, Kami akan ajak Anda untuk mengenal apa itu KB suntik 1 bulan terlebih dulu. 

Apa Itu KB Suntik 1 Bulan?

KB suntik 1 bulan adalah salah satu jenis KB yang berfungsi untuk mencegah kehamilan. Disarankan untuk diberikan pada waktu 5 hari setelah masa menstruasi atau 5 hari setelah masa keguguran.

Untuk Ibu yang baru saja melahirkan, program KB suntik 1 bulan dapat dijalankan 6 minggu setelahnya apabila menyusui. Namun apabila ibu tidak menyusui makan program KB suntik 1 bulan sudah bisa diberikan 4 minggu setelah melahirkan.

Bagaimana Cara Pakai KB Suntik 1 Bulan?

Cara pakai KB suntik 1 bulan adalah dengan disuntikkan ke otot di bagian tertentu tubuh seperti paha, bokong dan juga lengan atas.

Sebagai informasi, KB suntik 1 bulan perlu diberikan oleh dokter di rumah sakit maupun di fakultas kesehatan. Apabila yang memberikan suntik adalah petugas medis lain tetap perlu dilakukan dibawah pengawasan langsung dokter.

Mengenal Efek Samping KB Suntik 1 Bulan

Setelah membahas apa itu KB suntik 1 bulan beserta cara pakainya, selanjutnya Kami akan ajak Anda untuk mengenal apa saja yang menjadi efek samping KB suntik 1 bulan. 

Efek samping pertama yang sangat mungkin akan dirasakan setelah melakukan suntik adalah terjadinya kram perut, perut yang terasa kembung dan mual hingga mengalami muntah.

Umumnya, ibu yang disuntik juga akan merasakan emosi yang tidak stabil, sakit kepala serta membengkaknya bagian tubuh seperti payudara.

KB suntik 1 bulan juga akan memberi pengaruh terhadap siklus menstruasi wanita dimana bisa saja ibu mengalami flek kecoklatan meskipun bukan waktunya datang bulan, lebih cepat atau lambatnya menstruasi sampai tidak mengalami menstruasi.

Efek samping yang telah disebutkan itu umumnya akan terus dirasakan dan menghilang setelah tubuh sudah terbiasa dengan hormon yang terdapat di dalam suntikan. Efek samping tersebut biasanya akan hilang dalam 2 sampai 3 bulan pemakaian.

Namun, ada juga beberapa efek samping lain yang mungkin muncul setelah melakukan KB suntik 1 bulan yaitu:

  • Rontoknya rambut
  • Munculnya bercak gelap maupun bintik-bintik di wajah
  • Sering merasa lelah maupun cemas.
  • Nafsu makan yang meningkat
  • Gatalnya vagina
  • Keputihan 
  • Merasa pusing

Sekian dulu informasi tentang efek samping KB suntik 1 bulan. Semoga bisa membantu Anda yang tengah mempertimbangkan untuk menggunakannya. Bagi para suami, jangan lupa untuk terus memberikan dukungan pada istri ya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout