Blog

diet keto

Diet Keto: Kenali Manfaat dan Cara Menjalani yang Tepat

Apakah Anda ingin menurunkan berat badan? Diet keto dapat menjadi salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Diet keto menerapkan pola makan rendah karbohidrat, namun tinggi lemak. Namun, diet keto dinilai kontroversial, karena jika tidak dilakukan dengan tepat, dapat berisiko membahayakan kesehatan.

Agar penerapannya tepat dan manfaatnya bisa Anda rasakan, sebaiknya ketahui lebih dalam mengenai diet keto, mulai dari cara menjalani hingga makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Sebelum membahas cara menjalani diet keto yang tepat, berikut manfaatnya yang perlu Anda ketahui.

Manfaat Diet Keto

Selain untuk menurunkan berat badan, diet keto sebenarnya bermanfaat untuk mengatasi beberapa jenis penyakit, terutama mengurangi timbulnya serangan kejang pada anak penderita epilepsi. Berikut beberapa kondisi yang bisa mendapatkan manfaat dari diet keto:

Mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2

Diet keto merupakan salah satu diet yang dianjurkan bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan diet keto hanya mengonsumsi lemak sehat, seperti ikan salmon, alpukat, dan kacang-kacangan. Selain itu, asupan karbohidrat dalam jumlah rendah dan lemak tinggi dipercaya dapat memperbaiki kinerja tubuh dalam menyimpan dan memproses energi, sehingga akan mengurangi gejala diabetes. Agar keamanan diet keto pada penderita diabetes lebih terjamin, dianjurkan untuk rutin memeriksakan kadar gula darah setiap hari dan hindari kadar gula yang terlalu rendah.

Mengurangi risiko gangguan sistem saraf

Diet keto juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai gangguan sistem saraf, seperti gangguan tidur, Parkinson, dan Alzheimer. Hal ini dikarenakan adanya keton yang dihasilkan tubuh dan menguraikan lemak menjadi energi, sehingga sel otak dapat terlindungi dari kerusakan. Selain itu, diet keto juga dapat mengatasi jerawat, menghambat perkembangan kanker, serta menghambat peradangan pada asam urat.

Cara Menjalani Diet Keto yang Tepat

Anda tertarik untuk menerapkan diet keto? Pastikan Anda mau mengurangi konsumsi karbohidrat dalam jumlah cukup besar setiap hari. Pada umumnya, diet keto standar meliputi pola makan berupa 75% konsumsi lemak, 20% konsumsi protein, dan 5% konsumsi karbohidrat. Berikut beberapa makanan yang dianjurkan dan makanan yang perlu dihindari dalam diet ini:

Makanan yang Disarankan

  • Telur, terutama yang mengandung omega 3
  • Ikan tuna, salmon, dan makarel
  • Daging ayam, kalkun, dan produk daging lain
  • Sayuran hijau, tomat, bawang, cabai, dan sayur rendah karbohidrat lainnya
  • Mentega, keju
  • Kacang, biji-bijian, seperti wijen, almond, chia, dan biji labu
  • Alpukat
  • Minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak alpukat

Makanan yang Tidak Disarankan

  • Kacang dan biji-bijian
  • Nasi, pasta, sereal, dan produk gandum
  • Makanan atau minuman manis, seperti soda, permen, es krim, cake, dan jus buah
  • Umbi-umbian, seperti kentang, ubi, dan wortel
  • Minuman mengandung alkohol
  • Lemak tidak sehat, seperti mayonaise dan minyak sayur

Jika Anda baru mencoba diet , dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka pendek (mulai dari 2-3 minggu hingga maksimal 6-12 bulan). Hal ini bertujuan untuk menghindari gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika diet dilakukan dalam jangka panjang. Selain itu, inti dari diet keto adalah untuk mengurangi lemak tubuh, menjaga kesehatan, serta tetap bisa menerapkan pola hidup sehat di masa depan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout