Daftar Obat Penurun Panas Tradisional untuk Anak

Daftar Obat Penurun Panas Tradisional untuk Anak

Daftar Obat Penurun Panas Tradisional untuk Anak

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Untuk mengobati demam pada anak, sebenarnya tidak harus selalu dengan obat-obatan. Obat penurun panas yang dijual bebas tanpa resep dokter mungkin menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk anak. Untuk mengurangi risiko efek samping, Anda bisa mencoba obat penurun panas tradisional untuk anak.

Bahan-bahan tradisional telah lama dikenal berkhasiat untuk membantu menyembuhkan beragam penyakit, termasuk demam. Selain itu, bahan-bahan tradisional dapat menjaga daya tahan tubuh. Lalu, apa saja obat penurun panas tradisional untuk anak? Berikut informasi selengkapnya.

Rekomendasi Obat Penurun Panas Tradisional untuk Anak

Pengobatan tradisional bisa menjadi pilihan untuk menurunkan panas anak secara alami. Berikut beragam obat penurun panas tradisional yang direkomendasikan:

  • Sup ayam. Dikutip dari National Library of Medicine, sup ayam hangat dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mempercepat proses pemulihan demam pada anak.
  • Minuman herbal. Selain menghidrasi tubuh dan mengurangi demam, minuman herbal, seperti teh chamomile dan teh peppermint, memberikan efek menenangkan, meringankan sakit perut, dan melegakan pernapasan. Agar manfaatnya optimal, dapat dicampurkan madu ke teh herbal.
  • Susu dan kunyit. Kandungan kurkumin pada kunyit bersifat antiinflamasi yang efektif menurunkan demam pada anak. Anda bisa mencampurkan kunyit bubuk ke susu hangat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Cara Menurunkan Demam pada Anak dengan Cepat

Selain obat penurun panas tradisional, berikut beberapa cara menurunkan demam pada anak dengan cepat yang bisa dicoba:

  1. Penuhi asupan cairan tubuh

Ketika demam, anak rentan terkena dehidrasi. Dehidrasi justru memperberat demam pada anak. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan tubuh anak tercukupi dengan memberikannya air putih. Jika perlu, orang tua bisa memberikan minuman isotonik agar kadar elektrolit pada tubuh anak tetap terjaga.

2. Mandi air hangat

Memandikan anak dengan air hangat juga efektif menurunkan demamnya dengan cepat. Memandikan dengan air dingin justru menyebabkan anak menggigil dan memperberat demam. Jika anak menolak untuk mandi, Anda sebaiknya membasuh tubuh anak dengan handuk atau waslap bersih. Cara ini bermanfaat untuk menenangkan dan merilekskan tubuhnya.

3. Pastikan anak tidur dengan cukup

Daya tahan tubuh yang kuat adalah kunci dalam menurunkan demam pada anak dengan cepat. Oleh karena itu, pastikan anak tidur dengan cukup untuk memulihkan tenaganya dan meningkatkan kembali daya tahan tubuhnya, sehingga demamnya cepat turun. Agar anak bisa tidur nyenyak, orang tua bisa menyalakan pendingin ruangan dengan suhu yang sejuk atau menggunakan diffuser. Anda juga bisa mematikan lampu di kamar anak agar ia bisa tidur dengan nyaman.

4. Pastikan anak mengenakan pakaian tipis dan nyaman

Agar demam anak lebih cepat turun, pastikan ia mengenakan pakaian yang tipis dan nyaman. Hindari memakaikan anak pakaian tebal dan berlapis yang bisa membuatnya kepanasan dan memperberat demamnya. Jika anak terlihat kedinginan, berikan selimut agar tubuhnya tetap hangat.

Itulah beragam obat penurun panas anak tradisional dan cara-cara menurunkan demam pada anak dengan cepat yang direkomendasikan. Jika demam anak tidak turun setelah melakukan cara-cara di atas, segera bawa ke dokter untuk perawatan dan penanganan lebih lanjut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout