Blog

pubertas laki-laki

Apa Saja Ciri – Ciri Pubertas Pada Laki – Laki?

Mengenali ciri – ciri pubertas pada laki – laki sebenarnya sangat mudah. Para orang tua cukup melihat dari sisi perubahan fisik yang muncul pada si anak laki – laki tersebut. Berikut adalah penjelasan berbagai perubahan fisik yang diakibatkan pubertas tersebut:

Mulai Munculnya Bulu di Area Selangkangan dan Ketiak

Bentuk perubahan fisik yang paling jelas adalah tumbuhnya bulu pada ketiak dan selangkangan. Bulu ini bisa berupa helai panjang tapi tidak lebat ataupun bulu halus saat pertama muncul. Umumnya, bulu yang di selangkangan dapat menutupi area kelamin dan juga bagian sela pantat.

Kumis dan Janggut Mulai Tumbuh

Bulu pada wajah juga dapat muncul dengan bentuk kumis dan janggut. Bentuk kumis dan janggut ini akan berbeda tergantung genetic pada anak laki – laki. Di satu anak, kumis dan janggut dapat berupa bulu halus yang tidak terlalu terlihat, tapi di anak laki – laki lain bisa lebat dan tebal.

Bentuk Tubuh yang Berubah Lebih Bidang

Perubahan bentuk tubuh terjadi pada masa pubertas. Pada laki – laki perubahan bentuk tubuh menjadi lebih bidang. Bentuk pundak dan dada menjadi lebih persegi pada umumnya. Perubahan ukuran tangan bagian atas dan sisi punggu juga dapat terjadi, tapi tidak umum.

Peningkatan Tinggi Badan yang Cepat

Ciri – ciri pubertas pada laki – laki ini adalah yang paling mudah diamati. Jika si anak tumbuh tinggi tiba – tiba dalam waktu beberapa minggu, ia pasti mengalami pubertas. Kecepatan tumbuh tentu dipengaruhi asupan nutrisi dan juga genetik keturunan. Jadi jangan berharap tiap anak dapat bertumbuh tinggi dengan kecepatan dan hasil yang sama. 

Suara Lebih Besar dan Berat

Pada laki – laki, hormon akan pengaruhi perkembangan jakun dan mendorong perubahan suara. Hal inilah yang membuat suara laki – laki yang masuk masa pubertas lebih besar dan berat. Perubahan ini tidak terjadi cepat. Suara akan berubah bertahap hingga mencapai suara optimal besar dan berat tergantung genetik si anak.

Jerawat Muncul Dalam Jumlah Banyak

Pubertas akan pengaruhi hormon dalam tubuh. Saat hormon komposisinya berubah dalam tubuh, jerawat pasti muncul. Jumlah jerawat ini bisa sangat banyak hingga menutupi semua kulit wajah si anak. Jika kejadian parah ini terjadi, segera hubungi dokter agar bekas jerawat tidak menjadi permanen.

Dapat Mencapai Ereksi Sempurna

Sebelum memasuki masa pubertas, kelamin anak laki – laki tidak dapat ereksi sempurna. Sekalipun kelamin bisa membesar, umumnya tidak keras layaknya ereksi normal. Jadi, saat si anak dapat mencapai ereksi keras yang sempurna, ia sudah masuk masa pubertas.

Mengalami Mimpi Basah

Saat memasuki masa pubertas, anak laki – laki akan mengalami perkembangan hormon pada alat kelamin. Hal ini berupa produksi sperma yang aktif. Jika jumlah sperma menumpuk banyak, mimpi basah dapat terjadi. Mimpi basah adalah mimpi yang mendorong alat kelamin membuang sperma saat sedang tidur.

Sekian bahasan tentang ciri – ciri pubertas pada laki – laki. Terima kasih sudah membaca artikel ini dan semoga informasinya bermanfaat! 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout